Tim Pemberantasan Korupsi Kejati Babel Geledah Kantor Dinas Pertanian

Satuan Khusus Pemberantasan Korupsi yang dipimpin langsung oleh Kasi Penyidikan Pidana Khusus Kejati Babel, Wilman Ernaldy melakukan penggeledahan di Dinas Pertanian Provinsi Kep. Babel, Kamis (16/8/2018) pagi.

Penggeledahan ini berkaitan dengan penyidikan perkara kasus dugaan korupsi cetak sawah tahun 2016 dengan pagu dana 140 milyar.

Dari pantauan wartawan di lapangan, sebanyak 5 orang penyidik melakukan penggeledahan pada 3 ruangan yang berbeda. Diantaranya ruangan kepala Distan Prov. Kep. Babel, Toni Batubara kemudian berlanjut ke ruangan prasarana dan sarana pertanian dan terakhir ruangan bendahara dinas pertanian Provinsi Kep. Babel.

Foto : Romli Muktar

“Dalam penggeledahan ini, ada 3 ruang yang sudah kita geledah. Ruang kepala dinas, ruang sarana prasarana dan ruang bendahara. Penggeledahan ini kita lakukan untuk mencari dokumen dokumen yang berkaitan dengan  proyek pekerjaan cetak sawah tahun 2016,” ungkap Wilman di sela sela penggeledahannya, Kamis (16/8/2018).

Dari penggeledahan di Dinas Pertanian Provinsi Kep. Babel. Tim satuan khusus pemberantassn korupsi kejati Babel berhasil menyita 1 tas besar warna hitam dan 2 kardus berisikam dokumen yang berkaitan dengan proyek pekerjaan cetak sawah tabun 2016.

Penggeledahan ini sendiri terkait dengan pengembangan penyidikan korupsi proyek cetak sawah 2016. Dimana  Kadistan Provinsi, Toni Batubara menjabat sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA). Sedangkan PPK dijabat Kadistan di 3 Kabupaten yakni Bangka, Basel dan Beltim. Romli Muhtar