Surat Izin Tak Lengkap, Dua Minimarket Di Cianjur Disegel Satpol PP

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bekerjasama dengan Dinas Penanaman Modal Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Cianjur, melakukan peyegelan terhadap tiga minimarket di wilayah Cianjur pada Jumat/8/2018.

Keputusan untuk menyegel minimarket itu diambil karena pihak Penyidik Satpol PP diminta Dinas terkait, dengan alasan adanya ketidaklengkapan surat dalam pengoperasian minimarket tersebut.

Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Satpol Pamong Praja Kabupaten Cianjur, Heru Haerul Hakim mengatakan, bahwa beberapa minimarket yang disegel sementara karena tak mengantongi izin operasional.

“Sesuai dengan UU No 3 tahun 1982, Perda 14 tahun 2002, Perda 14 tahun 2012, Perda 05 tahun 2016, maka semua pasar modern harus mengantongi izin baru,” ujarnya, Jumat (24/8/2018).

Ia mengatakan, operasional toko sudah berjalan, namun tak juga mengantongi izin sehingga Pemkab Cianjur melayangkan surat teguran pertama.

“Dari ketiga minimarket itu, baru satu yang sudah memenuhi panggilan, bila tidak kunjung datang, kami lanjutkan dengan surat teguran dan surat teguran ketiga,” katanya.
Ia mengatakan, ketiga minimarket itu salah satunya berada di wilayah Tungturunan, wilayah Kelurahan Muka, dan di wilayah Kecamatan Sukaresmi.

“Hanya baru satu pemilik minimarket yang datang, bila tidak ada respons dari pemilik, kami akan tidaklanjuti secara prosedur. Bahkan penutupan akan dilakukan,” tegasnya.