SPBU Nakal Resahkan Masyarakat Lhokseumawe

Teks Foto : Salah satu dari beberapa kendaraan yang sedang melakukan pengisian BBM jenis Premium ke dalam jerigen yang dilitakan di dalam setiap mobil yang sedag mengantri di SPBU Mawaddah Putri Mandiri 14.243.455, Rabu (15/08).


FORUM KEADILAN, Lhokseumawe :
Masyarakat Kota Lhokseumawe dan sekitarnya meresahkan penjualan bahan bakar jenis premium di salah satu Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) di kawasan Batuphat, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh.

Pasalnya pihak SPBU dengan nomor 14.243.455 itu telah menjual BBM jenis Premium diatas harga ketentuan yakni Rp. 8.000 perliter. Bedasarkan pantauan Forom Keadilan, Rabu (15/8) sekitar pukul 03.00 dini hari pihak SPBU mulai membuka pompa BBM jenis premium secara diam-diam dan langsung mengisi kepada para pengecer yang telah menunggu beberapa saat.

Pengisian BBM jenis Premium tersebut tidak dilakukan secara terang-terangan seperti gambaran yang terlihat pada beberapa SPBU lainnya, untuk SPBU ini mereka melakukan pengisian BBM jenis premium dengan cara diam-diam agar tidak terpantau jelas oleh masyarakat sekitar. Dan pompa yang di aktifkan hanya pada pompa nomor 5 yang di kususkan bagi pengendara sepeda motor dikarenakan pompa tersebut terletak di bagian sudat SPBU jadi tidak begitu terpantau jika di matikan alat penerangan yang berda di sekitar pompa.

Salah seoranag masyarakat sekita SPBU, sebut saja BI (39) yang enggan disebut identitasnya kepada Forum Keadilan mengatakan, dirinya beserta masyarakat sekitar SPBU yang juga pedagang eceran tidak dibolehkan untuk membeli BBM jenis premium di SPBU tersebut, di karenakan mereka tidak setuju jika pihak SPBU menjualnya dengan harga di luar ketentuan yang sudah berlaku.

“Kami sudah mencoba untuk membeli namun pihak nya mengeluarkan kesepakatan jika kami mau membeli dengan harga Rp.8.000 maka kami akan di beri jatah akan tetapi apabila kami tidak mau membeli dengan harga yang sudah di tentukan maka kami tidak diberikan jatah”, ujarnya.

Sembari menambahkan, PT.Mawaddah Putri Mandiri SPBU yang terletak di Batuphat tersebut memang ada membuka pompa BBM jenis premium untuk umum namun waktunya sangat singkat yakni pukul 16:00 atau 17:00 dan itu hanya untuk satu jam saja. Setelah itu mereka beralasan bahwa stok tlah abis.

Semetara itu, pihak SPBU dengan nomor 14.243.455 yang terdaftar atas nama PT.Mawaddah Putri Mandiri saat dikonfirmasi media ini membantah tudingan tersebut, pihaknya mengatakan tidak ada kegiatan yang demikian di SPBU nya. Namun apabila pun ada, kata Acil salah seorang pengelola SPBU yang dimaksud saat ditemui Forum Keadilan mengatakan itu tidak dibawah tanggung jawab yang bersangkutan.

Dalam kegiatan yang dilakukan oleh SPBU nakal yang berlokasi di Jl.Medan-Banda Aceh, Batuphat Timur, Lhokseumawe itu, sudah lama dilakoni namun hingga kini aman-aman saja, justru tidak ada penindakan dari PT. Pertamina maupun Kepolisian setempat, ada apa ? (DEL)