Politisi Demokrat Laporkan Ketua DPRD Medan

Terkait PAW Tak Kunjung Diproses

Politisi Partai Demokrat, Amiruddin, melaporkan Ketua DPRD Medan Henry Jhon Hutagalung ke Ombudsman perwakilan Sumatera Utara, Selasa (21/8/2018). Amir mengadukan soal pergantian antar waktu (PAW) dirinya dengan rekan separtainya Parlaungan Simangunsong yang tak kunjung diproses DPRD Medan.

“Sudah lima bulan tak juga dilakukan proses PAW oleh Ketua DPRD Medan. Padahal, syarat sudah dipenuhi salah satunya SK (Surat Keputusan) dari DPP Demokrat yang telah keluar dan disampaikan kepadanya. Akan tetapi, tetap tak dijalankannya,” ungkap Amiruddin usai membuat laporan secara resmi ke kantor Ombudsman Perwakilan Sumut Jalan Mojopahit, Medan.

Amiruddin menunjukkan berkas putusan Mahkamah Partai Demokrat

Menurut Amiruddin, laporan yang dilakukannya karena diduga kuat Ketua DPRD Medan melakukan mal administrasi (pelangaran). “Saya pikir ini ada yang tidak beres yang dilakukan oleh oknum pimpinan DPRD Medan, sehingga proses PAW tidak berjalan,” ucapnya.

Amiruddin menduga ada upaya untuk menjegal dirinya agar tidak dilantik. Sebab, dalam aturan enam bulan sebelum masa jabatan periode terakhir itu tidak dapat dilantik kembali. “Setiap saya tanyakan hal ini kepada Ketua DPRD Medan, alasannya bahwa Parlaungan Simangunsong sedang melakukan gugatan terhadap DPP Partai Demokrat ke pengadilan. Alasan itu terus disampaikan dan dijadikan tameng untuk mengulur-ulur waktu,” cetus Amiruddin yang juga mantan Ketua DPRD Medan.

Amiruddin berharap, Ombudsman Sumut dapat segera menindaklanjuti laporan yang disampaikan. Selanjutnya, mengeluarkan rekomendasi agar segera melakukan proses PAW ini.

Parlaungan Simangunsong, rekan separtai Amiruddin yang proses PAW nya masih mengambang di DPRD Medan

Sementara, Kepala Ombudsman Perwakilan Sumut Abadi Siregar menyatakan, pihaknya segera menindaklanjuti dan meneliti berkas laporan yang disampaikan Amiruddin. Setelah itu, akan ditentukan apakah laporannya masuk ke dalam tahap selanjutnya. “Kita proses laporannya dan dikaji oleh tim. Paling cepat 14 hari akan diketahui hasilnya bagaimana,” kata Abyadi.

Untuk diketahui, Amiruddin seyogyanya akan menggantikan Parlaungan Simangunsong yang merupakan Anggota DPRD Medan Periode 2014-2019 dari Dapil I Medan. Digantinya Parlaungan oleh Amiruddin disebut-sebut karena diduga melakukan pencurian suara pada pemilihan legislatif 2014 lalu. Kasus ini juga sudah diputuskan lewat Mahkamah Partai Demokrat yang diketuai Amir Syamsuddin. (Zainul Arifin Siregar)