Minyak Tumpah Ke Kali Jadi Rebutan Warga Ambon

Ratusan warga Ambon rebutan mengambil minyak tanah yang tumpah dari penampungan minyak di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Wayame.

Ratusan warga yang datang dari berbagai kawasan di kota Ambon, mengambil minyak yang tumpah dan mengalir di kali Kayu Hehe desa Wayame kecamatan Teluk Ambon, Rabu.

Warga yang datang membawa jerigen, botol, ember hingga drum untuk menimba minyak tanah di kali.

“Saya datang bersama anak saya untuk mengambil minyak tanah yang tumpah, lumayan buat kebutuhan memasak di rumah, ” kata Rahmat warga Wayame.

Menurutnya, tumpahan minyak dari TBBM Wayame dipredikasi sejak pukul 10.00 WIT, warga yang mengetahui ada minyak yang tumpah langung turun ke kali dengan membawa wadah untuk mengambil minyak.

“Awal diketahui ada tumpahan minyak, kita langsung mengambil minyak karena bau minyak tanah sangat menyengat. Awalnya mudah karena masih belum tercampur air,” ujarnya.

Sampai saat ini belum diketahui pasti penyebab tumpahan minyak tanah di TBBM Wayame. Petugas Pertamina juga tidak memberikan komentar.

Pantauan di lapangan aparat kepolisian telah memasang garis polisi dan melakukan penjagaan di lokasi.

Mencegah tumpahan minyak tanah ke laut kawasan Teluk Ambon, petugas Pertamina TBBM Wayame telah memasang oil boom, penahan minyak.