Ibu Muda Bawa 1 Kg Sabu dalam Koper

Ditangkap Satnarkoba Polrestabes Medan di Bandara Kualanamu

Satuan Narkoba Polrestabes Medan berhasil membekuk seorang wanita muda yang ditengarai sebagai pengantar sabu antarprovinsi. Selain mengamankan satu kilogram sabu, polisi juga menyita sejumlah telepon genggam.

Kasat Narkoba Polrestabes Medan, AKBP Raphael Sandhy Cahya P, Selasa (14/8/2018), menerangkan bahwa wanita yang ditangkap bernama Nurbeti alias Beti warga Jalan Balee Manyang, Desa Lamjabat, Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh. Ibu muda berusia 32 tahun itu dibekuk polisi saat akan memasuki Bandara Kualanamu, Deliserdang, Sabtu (11/8/2018).

Terungkapnya kasus ini setelah tim 4 Unit III Polrestabes Medan mendapatkan informasi bahwa ada seorang yang akan membawa sabu-sabu dari Medan ke Bandar Lampung. “Sindikat ini merupakan jaringan Malaysia-Aceh-Medan-Lampung. Terduga akan membawa sabu itu dari Medan ke Bandara Kualanamu, Deliserdang, sebelum terbang ke Lampung,” jelasnya.

Berdasarkan informasi tersebut, polisi langsung melakukan pengintaian dan terus membuntuti terduga sampai di Bandara Kualanamu. Ketika perempuan itu akan memasuki Bandara Kualanamu, petugas menghentikan kendaraan yang ditumpanginya. Setelah memperlihatkan identitas, petugas meminta wanita itu masuk ke mobil polisi, berikut barang bawaanya.

Sesampainya di Jalan Letda Sujono, tepat di simpang pintu Tol Bandar Selamat, Medan Tembung, polisi kemudian melakukan pemeriksaan di koper warna ungu milik wanita tersebut. Dari dalam koper, petugas akhirnya menemukan 1 bungkus plastik besar berisi sabu seberat 1 kilogram.

Berdasarkan hasil interogasi, wanita berkacamata itu mengakui bahwa sabu dari dalam kopernya adalah miliknya. Berikut barang bukti, Beti kemudian diboyong ke Mapolrestabes Medan. “Rencananya, sabu itu akan diantar ke seorang bandar di Kota Bandar Lampung,” ungkap Raphael.

Dari pemeriksaan polisi diketahui tersangka Nurbeti disebut-sebut pernah sekali mengirimkan sabu di daerah Palembang kurang lebih sebanyak 1/2 kilogram. Modusnya dengan membungkus sabu dengan pakaian lalu dimasukkan ke dalam koper.