Galian Pasir Di Garut Longsor, Tiga Tewas

Kepolisian Resor Garut masih menelusuri laporan adanya orang yang meninggal dunia akibat insiden longsor di lokasi penambangan pasir kawasan Bukit Tutugan Leles, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (7/8/2018) dini hari.

“Saya minta waktu dulu, lagi didalami,” kata Kepala Kepolisian Resor Garut AKBP Budi Satria Wiguna kepada wartawan, di Garut, Rabu, 8/8/2018

Ia menuturkan, kepolisian masih mendalami ada atau tidak pekerja yang menjadi korban akibat longsoran pasir di kawasan galian pasir tersebut.

“Kita cari informasi dulu ada korban atau tidaknya,” katanya.

Terkait lokasi galian pasir tersebut berbahaya bagi manusia, Budi tetap menyatakan akan mendalaminya.

“Masih didalami, dicek dan ricek dulu,” katanya.

Sebelumnya, seorang sopir truk Haris warga Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat yang sedang mengantre untuk mengangkut pasir tewas, setelah tertimpa batu akibat longsoran pasir di lokasi penambangan pasir Tutugan Leles, Selasa (7/8) dini hari.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 02.00 WIB, saat sedang mengantre mengisi pasir bersama beberapa truk lainnya di lokasi penambangan pasir tidak jauh dari Jalan Raya Bandung-Garut, Kecamatan Leles.

Saat kejadian korban sedang berada di dalam truk, korban sempat melajukan kendaraannya, tetapi tidak mampu menghindari longsoran batu.

Selanjutnya korban dibawa ke rumah sakit, sedangkan lokasi galian pasir ditutup tidak ada aktivitas.

Informasi lain menyebutkan bukan hanya satu yang tewas, melainkan dua orang warga Kampung Cibeber, RT 5/4, Desa Cintamanik, yang sedang menggali pasir tertimbun tanah longsor. Nyawa kedua korban tak bisa diselamatkan.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut, Dadi Djakaria, mengatakan dua korban yang meninggal yakni ayah dan anak atas nama Anan (50) dan Daud (28). Saat kejadian keduanya tengah menggali pasir di sebuan kebun milik Dana dengan salah seorang rekannya.

“Jadi ada tiga yang lagi menggali pasir. Satu orang atas nama Endang (55), berhasil menyelamatkan diri. Sedangkan dua korban lainnya tertimbun tanah longsor,” ujar Dadi melalui pesan singkat, Kamis (9/8/2016).

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul BREAKING NEWS: Dua Penggali Pasir di Kampung Cibeber Garut Tewas Tertimbun Tanah Longsor, http://jabar.tribunnews.com/2016/08/09/breaking-news-dua-penggali-pasir-di-kampung-cibeber-tewas-tertimbun-tanah-longsor.
Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Dicky Fadiar Djuhud