Beda Usia 30 Tahun, Menuju Istana Bersama

 

Empat tahun silam, persisnya Sabtu, 31 Mei 2014, KH Ma’ruf Amin (saat itu masih Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia) resmi mempersunting wanita asal Depok, Jawa Barat.  Namanya Wury Estu Handayani. Ketua MUI Din Syamsudin mengatakan bahwa pernikahan antara Ma’ruf Amin bukanlah pernikahan politis.

“Kedua cawapres hadir dalam acara perkawinan ini dan ini bukan perkawinan politis. Ini adalah acara adanya koalisi permanen antara pria dan wanita,” ujarnya saat memberi sambutan di Masjid Agung Sunda Kelapa, Sabtu (31/5/2018).

Ketika calon presiden Joko Widodo mengumumkan pasangan calon wakil presidennya adalah Jusuf Kalla pada Kamis, 9 Agustus 2018, maka sejak itu pula kehidupan para pasangan calon menjadi sorotan publik.

Sekarang Ma’ruf Amin sudah  Ketua MUI dan jadi Cawapres. Jika selama ini masyarakat sudah mengenal sosok Iriana Widodo sebagai Ibu Negara, mari kita sedikit mengetahui siapa istri calon wakil presiden Ma’ruf Amin.

Kini Wury Estu Handayani berusia 44 tahun.Sementara Maruf 75 tahun.  Saat menikah, Ma’ruf Amin dan Wury Estu Handayani berstatus duda dan janda dengan anak. Pasangan mereka sebelumnya sudah tiada.

Ma’ruf Amin dan Wury Estu Handayani tinggal di kawasan Koja, Jakarta Utara. Ketua Rukun Tetangga setempat, Mallawi Makhraj mengatakan kehidupan mereka tampak harmonis dan kerap terlihat pergi bersama.

“Dulu waktu masih kerja paling kelihatan saat mau berangkat dan pulang saja. Tapi, belakangan ini lebih sering menemani Abah (Ma’aruf Amin) ke mana-mana,” kata Mallawi Makhraj di Jakarta, Jumat 10 Agustus 2018.

Ketika ada keperluan dan bertamu ke rumah Ma’ruf Amin, Mallawi mengatakan Wury begitu ramah dan tak segan menyediakan sendiri suguhan, seperti minum, untuk tamunya. Wury Estu Handayani juga aktif dalam kegiatan keagamaan dengan masyarakat sekitar.

Wury Estu Handayani rutin menggelar pengajian di rumahnya yang dihadiri oleh perempuan yang tinggal di lingkungan sekitar. “Ibu rutin mengadakan pengajian. Biasanya setiap hari Sabtu mulai jam 09.00 sampai 12.00,” ucap Mallawi.