5 Pencuri Besi Listrik Tegangan Tinggi Dibekuk Polsek Siak Hulu

Kepolisian Sektor Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau menangkap lima pelaku sindikat pencurian besi menara saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET) milik PT PLN (Persero).

“Aksi mereka pernah membuat satu tower yang masih dalam tahap pembangunan ambruk beberapa waktu lalu,” kata Kapolsek Siak Hulu, Kampar, Kompol Dedy Suryadi, Jumat 3 Agustus 2018.

Dari penangkapan tersebut, Polisi menyita rangkaian besi tower SUTET hasil curian para tersangka senilai lebih dari Rp100 juta dari tangan para pelaku. Mereka diantaranya adalah Yu sebagai otak pelaku dan empat kaki tangannya berinisial As, An, De dan Ba.

Ia menjelaskan, pengungkapan tersebut berawal dari laporan PT PLN (Persero) wilayah Riau terkait hilangnya sejumlah besi penyangga menara SUTET yang menyebabkan robohnya menara tersebut di beberapa titik.

Polisi yang menerima laporan tersebut kemudian melakukan serangkaian penyelidikan. Kemudian, pada saat penyelidikan berlangsung, Unit Reserse menerima laporan dari Polisi Patroli akan adanya informasi dari masyarakat terkait pencurian besi penyangga tower SUTET yang dilakukan di Desa Pandau Makmur, Kecamatan Siak Hulu, Kampar.

Dari laporan itu, tim yang sebelumnya telah berkoordinasi dengan jajaran Reserse Kriminal langsung melakukan tangkap tangan. Dari sana, ada beberapa besi yang telah dicopot oleh pelaku namun belum sempat dibawa pergi.

“Total barang bukti yang kita sita sekitar Rp100 juta. Kasus ini masih terus dalam pengembangan termasuk mengungkap penadahnya,” ujarnya.

Dalam beberapa kejadian, insiden kehilangan besi penyangga menara SUTET berakibat fatal pada robohnya menara dan terganggunya pendistribusian aliran listrik