12 Remaja Perkosa Gadis 15 Tahun Berkali-Kali, 3 Pelaku Buron

Nasib malang dialami seorang gadis remaja sebut saja bunga (bukan nama sebenarnya, red), warga Kota Jambi. Gadis remaja berusia 15 tahun itu diperkosa secara bergiliran oleh 12 orang pemuda, dimana salah seorang diantaranya adalah HRG (15), yang tidak lain adalah mantan kekasih korban.

Tidak hanya sekali, korban bahkan empat kali digilir oleh para pelaku di lokasi berbeda. Saat aksi pertama, HRG sempat merekam aksi pemerkosaan tersebut. Untuk aksi-aksi berikutnya, pelaku terlebih dahulu mengancam akan menyebarkan video tersebut jika korban tidak mau lagi untuk disetubuhi.

Sebagaimana dilansir metrojambi.com, peristiwa tersebut bermula pada Mei 2018 lalu. Saat itu, korban di ajak HRG ke rumah temannya untuk menyelesaikan permasalahan terkait hubungan mereka. Tanpa curiga, korban pun menuruti keinginan HRG.

Namun setibanya di rumah, ternyata ada beberapa orang rekan HRG yang sudah menunggu. Korban pun kemudian dipaksa masuk ke dalam kamar, kemudian disetubuhi oleh HRG. Setelah itu, giliran rekan-rekan HRG yang menyetubuhi korban, sedangkan HRG merekam perbuatan tersebut.

Berbekal video tersebut, HRG dan rekan-rekannya kembali menyetubuhi korban secara bersama-sama hingga empat kali. Korban akhirnya melapor ke Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polresta Jambi setelah video tersebut bocor dan tersebar di media sosial.

“Begitu mendapatkan laporan dari korban, kita langsung bergerak untuk menangkap pelaku. Dari 12 orang pelaku, 9 orang sudah berhasil kita tangkap. 7 orang masih di bawah umur dan 2 orang dewasa. Sedangkan 3 pelaku lainnya, yang sudah dewasa, masih kita cari,” terang Kasat Reskrim Polresta Jambi Kompol Yudha Lesmana, Senin (13/8).

Ia menyebutkan, pelaku yang diamankan yakni HRG (15), M (17), BKA (16), P (19), RD (15), MAA (16), BS (19), MIS (17), dan MFK (17). Dari hasil pemeriksaan, lanjut Yudha, para pelaku melakukan aksinya di daerah Sungai Sawang, Simpang Kawat, Rawasari dan Pakuan Baru.

“TKP (tempat kejadian perkara)-nya di tiga rumah, serta satu hotel. Saat ini kita masih melakukan pengembangan, termasuk memeriksa saksi-saksi,” ujar Yudha.

Sementara itu, HRG saat ditanyai wartawan mengaku, memperkosa korban karena nafsu. Ia juga mengakui mengajak teman-temannya untuk menyetubuhi korban. “Tiga kali aku perkosa,” ujarnya.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, saat ini para pelaku ditahan di Mapolresta Jambi. Mereka dijerat dengan pasal 76C Jo 81 ayat (1), ayat (2) atau Pasal 76E Jo Pasal 82 UU RI No 17 Tahun 2016 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti UU RI No 1 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU RI No 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak. Ancaman hukuman 15 tahun penjara.