ACT Gelar Qurban Serentak di 46 Negara

Aksi Cepat Tanggap (ACT) tiada henti melakukan aksi berbagi. Lembaga kemanusiaan ini bukan hanya meluncurkan kegiatan Global Qurban yang digelar di 46 negara, tapi juga secara khusus menggelar program Indonesia Berqurban di 265 kabupaten/kota di 34 provinsi Indonesia.

Kepala Cabang ACT Sumut, Ronio Romantika mengatakan, program Indonesia Berqurban ini selain di Indonesia, juga akan dilaksanakan di beberapa puluh negara yang akan dilaksanakan secara serentak. “Kita bisa berqurban hingga 46 negara secara serentak, dan sudah ditentukan titik-titiknya. Namun, kalau mau permintaan ke titik lain minimal harus tiga ekor sapi baru bisa diakomodir ke tujuan tertentu yang diminta,” katanya, Kamis (19/7/2018).

Ronio menjelaskan, hewan qurban tersebut nantinya akan disembelih berdasarkan syariat Islam. “Penyembelihan akan dilakukan secara syariat Islam dan diperbolehkan juga ikut kepada masyarakat yang berqurban,” jelasnya.

Ronio mengungkapkan, dengan pengelolaan qurban yang dimiliki, terdapat sisi ekonominya, seperti penjualan harga kambing dengan berat 27 Kg senilai Rp1,7 juta per ekor dan sapi dengan berat 220 Kg senilai Rp11,9 juta per ekor. “Kami berdayakan peternak hewan qurban itu sebagian dari ACT. Ini lah harga hewan qurban dari ACT. Memang di luar sana banyak yang memprotes, karena di bawah harga pasar. Tapi yang terpenting kami ingin harga yang murah, namun kualitas bukan murahan. Intinya, ACT ingin bersama masyarakat menikmati kebersamaan saat Idul Adha,” ungkapnya.

ACT setiap awal tahun melakukan tabungan qurban (qurban progresif) yang harganya disesuaikan setiap bulannya, dengan tidak mengurangi berat hewannya. “Tabungan awalnya Rp1.200.000 dan setiap bulannya ditambahkan minimal Rp 50.000. Hingga akhirnya selama 8 bulan tercapai untuk pembelian seekor kambing,” tuturnya seraya mengajak masyarakat di Sumatera Utara untuk berqurban dengan hewan qurban yang relatif terjangkau.

.           Masyarakat yang ingin mendaftarkan diri dalam program Indonesia Berqurban dapat mendatangi Kantor ACT yang berada di Jalan Alfalah Raya Nomor 3, Glugur Darat, Kota Medan, dan dapat berkunjung ke stand ACT di Bandara Internasional Kualanamu.

Comments are closed.