Gol Mbappe Bawa Prancis Lolos ke Babak 16 Besar

Selain membawa Prancis ke puncak klasemen Grup C, gol yang dicetak Kylian Mbappe pada menit ke-34 itu juga membawanya menjadi pencetak gol termuda sepanjang sejarah Prancis di Piala Dunia.

Ekaterinburg, ForumKeadilan.com – Satu gol yang diceploskan penyerang muda Kylian Mbappe dalam laga melawan Peru, Kamis (21/6) malam, membawa Prancis lolos ke ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Rusia.

Selain membawa Prancis ke puncak klasemen Grup C, gol yang dicetak pada menit ke-34 itu juga mengantar Mbappe menjadi pencetak gol termuda sepanjang sejarah Prancis di Piala Dunia. Pemain kelahiran 20 Desember 1998 itu mengungguli rekor David Trezeguet (20).

Juru taktik tim nasional Prancis, Didier Deschamps menanggapi kemenangan atas Peru ini dengan perasaan kurang puas. Les Bleus tampak kurang mendominasi dan justru mendapat tekanan yang kuat dari tim lawan di paruh kedua.

“Saya tidak gugup, tetapi saya tidak sepenuhnya puas. Kami memiliki 25 menit ketika kami terlalu banyak bertahan, tentu saja, meskipun kami melakukannya dengan baik. Ini adalah sesuatu yang harus kami tingkatkan,” jelas Deschamps seperti dilansir Reuters.

Berbeda dengan pelatihnya, kapten sekaligus kiper Tim Ayam Jantan, Hugo Lloris mengaku cukup senang dengan hasil tersebut. “Ini sangat memuaskan karena kami telah mencapai tujuan kami,” tegas penjaga gawang yang membela klub Tottenham Hotspur.

“Kami harus mempertahankan tempat pertama dengan tidak kalah melawan Denmark. Peru menekan sampai akhir, tetapi kami berhasil tetap solid dan disiplin,” sambung kiper yang genap mencatatkan 100 penampilan bersama timnas.

Lewat kemenangan atas Peru, Prancis kini bertengger di puncak klasemen Grup C dengan enam poin dari dua kali pertandingan. Pada laga pertama, Prancis sukses membekuk Australia 2-1. Sedangkan Peru berada di dasar klasemen tanpa poin, setelah kalah 0-1 dari Denmark di laga perdana mereka.

Sementara itu, di pertandingan lain Grup C yang berlangsung sebelumnya, antara Denmark melawan Australia berakhir sama kuat 1-1. Gol Christian Eriksen pada menit ketujuh, berhasil dibalas Australia lewat sepakan penalti Mile Jedinak di menit 38.

Susunan Pemain Prancis vs Peru

Prancis (4-2-3-1)
Hugo Lloris; Benjamin Pavard, Raphael Varane, Samuel Umtiti, Lucas Hernandez, Paul Pogba (Steven Nzonzi, 89), N’Golo Kante, Kylian Mbappe (Ousmane Dembele, 75), Antoine Griezmann (Nabil Fekir, 80), Blaise Matuidi, Olivier Giroud.
Pelatih: Didier Deschamps.

Peru (4-2-3-1)
Pedro Gallese; Miguel Trauco, Alberto Rodriguez (Anderson Santamaria, 46), Christian Ramos, Luis Advincula, Yoshimar Yotun (Jefferson Farfan, 46), Pedro Aquino, Edison Flores, Christian Cueva (Raul Ruidiaz, 82), Andre Carrillo, Jose Paolo Guerrero.
Pelatih: Ricardo Gareca.