Ketua Jamaah Ansharut Daulah Jawa Timur Ditangkap Densus 88

Kelompok JAD (Jamaah Ansharut Daulah) Jawa Timur diduga mendalangi teror bom di Surabaya dan Sidoarjo.

Ketua JAD Jawa Timur Syamsul Arifin alias Abu Umar (35) ditangkap Densus 88 Antiteror di rumah kontrakannya di Perum Banjararum blok BB, Singosari, Kabupaten Malang. Abu Umar ditangkap bersama istrinya Wahyu Mega Wijayanti (40).

Dari informasi yang dihimpun Wahyu merupakan istri sambung dari Abu Umar yang disebut-sebut sebagai Ketua Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Jawa Timur itu. Mereka sudah menikah siri selama dua tahun dan sudah mempunyai seorang anak.

Abu Umar sendiri diketahui mempunyai istri  di Blitar. Dan Blitar memang merupakan asal Abu Umar dengan alamat Dusun Jatinom, Kanigoro, Kabupaten Blitar. Ketua RT 3 RW 2 Kelurahan Jatinom, Blitar, Sutikno menunjukkan kartu keluarga Abu Umar. Di situ tercantum nama istri dan dua anak laki-lakinya.

Menurut Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung dalam penangkapan di Malang ada beberapa orang yang turut diamankan.

Mereka dalah Wahyu Mega Wijayanti istri Samsul Arifin Abu Umar, Samsul Arifin Abu Umar, ditangkap di rumah kontrakan di Singosari.  Kristiyanto alias Mas Abi, kelahiran Solo 1977, alamat Pasar Turiharjo Ploso Malang, ditangkap pada saat perjalanan ke arah Kepuh Harjo, di Jalan Turi arah Kepuh Harjo pada Selasa (15/5/2018).