Buka Bersama TNI/Polri Dan Masyarakat Di Rumah Dinas Kapolda Maluku

 

AMBON, Forum Keadilan.com– Sinergitas institusi Kepolisian, TNI bersama masyarakat tidak hanya harus terlihat dalam kegiatan formal semata tetapi hendaknya juga dalam kegiatan kerohanian maupun sosial kemasyarakatan.

Hal ini yang dilakukan Kapolda Maluku Inspektur Jenderal Polisi Andap Budhi Revianto saat menggelar acara buka puasa bersama (bukber) Polda Maluku bersama TNI serta masyarakat Kota Ambon dan sekitarnya Kamis (31/05/2018) di kediamannya Asrama Polisi Tantui Ambon yang dimulai sejak pukul 17.30 WIT.

Kapolda Maluku Inspektur Jenderal Polisi Andap Budhi Revianto menyampaikan sambutan pada acara buka puasa bersama

Saat acara bukber tersebut, Kapolda Maluku meminta kepada semua undangan agar dapat mensukseskan gelaran Pilkada pada 27 Juni mendatang.

“Kedepan kita akan menghadapi agenda nasional yaitu Pilkada serentak. Untuk Maluku sendiri ada tiga Pilkada yaitu Pilgub, Pilbup Maluku Tenggara dan Pilwakot Tual. Kiranya kita semua dapat mensukseskan Pilkada kususnya di wilayah Maluku yang kita cintai agar berjalan dengan baik, aman dan damai,” kata Andap dalam sambutannya.

Kapolda Maluku Irjen Pol Andap Budhi Revianto dan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto bersama anak-anak panti asuhan usai memberikan bingkisan tali asih.

Mantan Kapolda Sulawesi Tenggara ini ingatkan dengan kondisi saat ini dimana situasi alam kususnya di wilayah Maluku tidak stabil dengan curah hujan yang tinggi dan kadang cuaca tiba-tiba berubah jadi panas maka hal ini dapat berdampak pada kesehatan dan aktivitas.

“Kiranya cuaca yang ekstrim seperti ini tidak menjadi penghalang bagi kita dalam bekerja dan semangat kita dalam menjaga perdamaian di bumi Maluku yang kita cintai ini,” ujar Andap.

Dalam sambutannya, menjelaskan bahwa dalam cipta kondisi Kamtibmas di Maluku, jajaran Polda Maluku sudah melaksanakan beberapa kegiatan operasi dan yang terakhir dan sekarang masih dilaksanakan adalah operasi Penyakit Masyarakat (Pekat) dengan sasaran prostitusi, perjudian, minuman keras (miras) dan tindak pidana lainnya, “ujar Andap.

Dikatakan, Polda Maluku yang di bantu pihak TNI sudah melaksanakan semua rangkaian operasi kepolisian dan hasilnya banyak pasangan yang di luar nikah terjaring serta barang bukti miras di sita oleh tim operasi.

“Semua ini bertujuan agar Maluku aman, damai dan sejahtera. Kedepan masih akan ada operasi ketupat menjelang lebaran nanti, kiranya semua dapat berjalan dengan lancar hingga selesai,” ujarnya.

Kapolda Maluku mengucapkan terimakasih kepada PLT Gubernur Maluku Zeth Sahuburua, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto bersama pejabat Kodam dan seluruh hadirin tamu undangan yang telah menyempatkan diri mengikuti acara buka puasa bersama ini.

“Alhamdulillah, walau dalam keterbatasan namun kita dapat melaksanakan buka puasa bersama di kediaman dinas Kapolda Maluku ,” ujar Andap.

Selesai sambutan, dilanjutkan dengan pemberian tali asih kepada anak yatim piatu dan yang tidak mampu pada beberapa panti asuhan dari tiga komunitas baik Islam, Kristen Protestan serta Katolik..Pemberian sedekah ini diserahkan langsung oleh Kapolda Maluku, Pangdam XVI/Pattimura, serta pejabat utama TNI/Polri.

Usai pemberian tali asih, kegiatan diakhiri dengan ceramah Ramadhan oleh Ketua MUI Maluku Abdullah Latuapo dan di lanjutkan dengan buka puasa bersama serta Sholat Magrib, Sholat Isya serta Sholat Taraweh berjamaah di kediaman dinas Kapolda Maluku.

Kegiatan buka puasa bersama Kapolda Maluku selaku tuan rumah, dalam acara hadir Wakapolda Maluku, para pejabat utama Polda Maluku, Pangdam XVI/Pattimura, Kasdam XVI/Pattimura, para Asisten Pangdam XVI/Pattimura, para Kapolres jajaran dan seluruh personil Polda Maluku yang beragama muslim serta tamu undangan lainnya.

Adapun tema yg di usung pada buka puasa bersama ini adalah “Aktualisasi nilai puasa untuk mengembangkan kasih sayang dan memperkuat ketahanan sosial sesama orang basudara dalam rangka mewujudkan Pilkada yang damai, bermartabat dan demokrasi”.(Musrifah)