Sukmawati Sudah Meminta Maaf Pada Umat Islam

Sukmawati Soekarnoputri meminta maaf atas puisi berjudul ‘Ibu Indonesia’ yang dibacakan dalam acara 29 tahun Anne Avantie berkarya, Rabu (28/3) lalu. Sukmawati mengaku tidak memiliki niat menghina umat Islam Indonesia dengan puisi yang dibacakannya.

“Dari lubuk hati paling dalam, saya mohon maaf lahir dan batin kepada umat Islam Indonesia,” ucapnya sambul menangis dalam konferensi pers di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (4/4).

Sukmawati mengatakan, ia adalah putri seorang Proklamator Bung Karno yang dikenal sebagai tokoh Muhammadiyah dan tokoh yang mendapat gelar dari Nadhlatul Ulama. Sukmawati juga menjelaskan bahwa dirinya adalah seorang muslimah yang bersyukur dan bangga akan ke-Islamannya.

Dengan posisi dan penghargaan tersebut, ia ingin menyampaikan bahwa tidak ada rencana atau pun niatan sama sekali untuk mencela dan menghina umat Islam seperti yang ditujukan ke dirinya beberapa hari terakhir. Perempuan berusia 67 tahun itu juga menyampaikan permohonan minta maaf kepada desainer Anne Avantie dan keluarga.

“Saya sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh perancang busana Indonesia agar tetap berkreasi dan produktif,” ucap Sukmawati.

Puisi yang dibacakan Sukmawati telah beredar viral di dunia maya setelah dibacakannya di ajang peragaan busana. Setelah sepekan acara tidak memberikan klarifikasi atau konfirmasi, Sukmawati akhirnya memberikan pernyataan.