‘Pungli Di SKB’ Kadin Diknas Minta Dikembalikan

Forumkeadilanbabel. Sungailiat – Isu santer adanya pungutan liar di SKB (Sanggar Kegiatan Belajar), dimana para siswa yang ikut ujian melalui paket A, B dan C dimintai uang sebesar Rp.150.000 sampai Rp.200.000.

Padahal untuk mengikuti ujian, tidak dipungut satu peserpun, karena sudah dianggarkan di APBD. Untuk itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka, Padli minta agar kepala SKB mengembalikan uang tersebut kepada siswa yang sudah membayar.

“Yang bersangkutan kepala SKB, sudah kita panggil dan kita minta uang yang sudah dipungut untuk dikembalikan ke para siswa yang sudah membayar. Sebab semua anggaran untuk ujian sudah dianggarkan oleh diknas melalui, APBD pemkab Bangka,” jelas Padli, ketika ditemui, Kamis (12/04/2018) diruang kerjanya.

Ditambahkan Padli bahwa pihaknya memang sudah mendapat laporan, adanya pungutan liar di SKB. Tapi yang bersangkutan kepala SKB, sewaktu dipanggil ke diknas mengatakan baru akan meminta iuran uang ujian. Untuk itu dirinya  menegaskan kepada kepala SKB agar mengembalikan uang yang sudah dipungut, apapun alasannya. “Saya tegaskan bahwa tidak ada pungut memungut bagi siswa SKB yang mengikuti ujian lewat Paket A, B dan C. Jika memang terbukti akan kita tindak tegas,”pungkas Padli.

Sementara sebelumnya kepala SKB Ny. Ivone ketika ditemui wartawan mengatakan bahwa tidak ada pungutan itu. “Demi Allah saya tidak pernah memungut,”ungkapnya sembari menangis.

Heru sudrajat