Polda Kalsel: Layanan Lebih Efektif Pakai Aplikasi

BANJARMASIN.Forum Keadialan.com, (6/04/2018)– Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) Brigjen Pol. Rahcmad Mulyana terus meningkatkan pelayanan publik berbasis teknologi. inovasi layanan publik berbasis teknologi secara resmi dilaunching ke publik, yaitu aplikasi Sasirangan (Selalu Aktif dan Siaga, Rakyat Senang dan Nyaman). Menurut Kapolda Kalsel, Brigjen Pol Rachmat Mulyana, aplikasi Sasirangan ini merupakan aplikasi yang berisi beberapa program layanan seperti pengaduan online, membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) online. Selain itu juga ada fitur perizinan, pengawalan, informasi dan layanan kepolisian, peta kantor polisi serta tombol darurat (panic button). Aplikasi ini juga sudah terintegrasi dengan server database di Mabes Polri. Juga terintegrasi dengan sistem E-Penyidikan Bareskrim Polri dan server E-KTP Dukcapil Kemendagri. “Kita harapkan dengan adanya aplikasi Sasirangan ini masyarakat bisa lebih mudah untuk mendapatkan informasi dan pelayanan yang diperlukan dan juga hal ini sebagai komitmen Polda Kalsel untuk bisa memberikan pelayanan Kepolisian yang terbaik bagi masyarakat Kalsel,” kata Brigjen Pol Rachmat Mulyana.

 

Alumni Akpol 88 mantan Karo SDM Polda Metro Jaya menambahkan, masyarakat dapat mendownload aplikasi sasirangan (KLIK DI SINI) menggunakan HP Android, sehingga ketika membutuhkan pelayanan Kepolisian cukup tekan satu tombol, maka anggota terdekat akan mengetahui bahwa Anda membutuhkan kehadiran polisi.

Sedangkan untuk aplikasi Bekantan (Berantas Kebakaran Hutan dan Lahan) merupakan aplikasi yang memudahkan melakukan deteksi dan antispasi serta penanganan kebakaran hutan dan lahan, karena aplikasi ini
bisa menampilkan secara real-time untuk hotspot (titik api) karena terkoneksi dengan satelit LAPAN. “Kami harapkan segenap jajaran Polda Kalsel dan masyarakat Kalsel bisa memanfaatkan semaksimal mungkin aplikasi tersebut,” ujarnnya.(Musrifah)