Penyebab Tenggelamnya Speed Boat Polres Labuhanbatu

Speed poat Pol Air yang ditumpangi jajaran Polres Labuhan Batu, Sumatera Utara tenggelam di sungai Sanggul Kecamatan Panai Hilir menuju Tanjung Sarang Elang, Sumatra Utara, pada Sabtu (21/4) sore. Dalam peristiwa itu, Wakapolres Labuhan Batu Kompol Adi Chandra hilang dan belum ditemukan hingga saat ini. Kapal tersebut diduga menabrak tunggul sebelum akhirnya tenggelam.

“Dugaan sementara kapal pol air yang dinaiki rombongan Kapolres menabrak tunggul kayu dan mengalami kebocoran sehingga kapal tenggelam,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigadir Jenderal Polisi Mohammad Iqbal,Minggu (22/4/2018).

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Paulus Waterpauw mengungkapkan, saat terjadi masalah pada kapal tersebut, arus air sungai sedang kuat hingga segera masuk ke kapal. Kapal pun tenggelam.

Seluruh penumpang panik dan melompat ke sungai. Sayangnya Wakapolres Kompol Andi chandra tidak ikut melompat keluar dan tenggelam bersama kapal. “Sampai sekarang belum ketemu, belum bisa dipastikan selamat atau tidak selamat, speed boatnya yang jelas hilang, tenggelam ya,” kata Paulus saat dikonfirmasi.

Kejadian ini bermula saat kapal yang ditumpangi jajaran Polres Labuhan batu hendak kembali usai menghadiri perniAkahan anak Bupati Labuhan Batu. Kapal yang ditumpangi Kapolres, Wakapolres dan jajarannya tersebut karam di sungai.

Paulus menambahkan, sungai tersebut merupakan sungai air payau yang airnya tidak jernih. Kepolisian bersama semua unsur pun masih melakukan pencarian.

“Saya langsung perintahkan Pak Dir Polair dengan anggota Polda mendukung dan Kasat Brimob Polda juga bantu pencarian. Kita juga minta bantuan Basarnas dan masyarakat di sana. Sampai sekarang masih pencarian,” ujar Paulus.