Giliran Bupati Bandung Barat Diciduk KPK

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di wilayah Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (4/10.2018). Dalam OTT itu, KPK menangkap tujuh orang salah satunya adalah Bupati Bandung Barat.

“Tadi, saya cek memang ada kegiatan tim penindakan di lapangan. Ada penyelenggara negara dan sejumlah pihak yang diamankan di salah satu kabupaten di Jawa Barat. Sekitar tujuh orang diamankan sejauh ini,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Febri menyatakan dari tujuh orang yang diamankan itu, sebagian sudah dibawa ke KPK dan lainnya sedang dilakukan pemeriksaan awal. “Salah satu yang tadi diamankan adalah bupati aktif dan sejumlah PNS,” ungkap Febri.

Berdasarkan informasi, Bupati Bandung Barat Abu Bakar termasuk yang diamankan oleh tim KPK. KPK mempunyai waktu maksimal 24 jam untuk menentukan status pihak-pihak yang diamankan tersebut.

Tim penyidik KPK juga mengamankan sejumlah barang bukti uang suap yang diduga menjadi ‘pelicin’ sang bupati untuk melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan kewenangannya.