Atlet Di Mentawai Tewas Keracunan Asap Genset

Seorang atlet atletik dari Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar) meninggal dunia dan tiga orang lainnya kritis diduga akibat keracunan asap genset saat mengikut Kejurda pra Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di Kabupaten Sijunjung, Minggu (29/4) pagi.

“Satu orang meninggal atas nama Ridwan (15 tahun). Selain itu ada tiga korban lainnya yang saat ini kondisinya kritis dan dirujuk ke RSUP M. Jamil Padang,” kata Ketua Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Mentawai, Lahmuddin Siregar saat dihubungi Antara, Minggu.

Ia menyebutkan, tiga korban yang saat ini sedang menjalani perawatan yakni, Arwadi, Arisman dan Tri Leo.

Ia menjelaskan, peristiwa tersebut terjadi di Wisma Keluarga Sijunjung, tempat atlet Mentawai menginap, diketahui berawal dari salah seorang rekannya yang akan membangunkan korban di kamar nomor 12. Di kamar tersebut Ridwan tidur bersama tiga korban lainnya.

“Pintu kamar dikunci dari dalam, offisial tim dan temannya mencoba membangunkannya, namun tidak ada respon, salah seorang masuk lewat pintu angin, dan diketahui mereka pingsan dan korban Ridwan mulutnya sudah mengeluarkan busa,” katanya.

Lebih lanjutnya ia mengatakan, dugaan sementara keracunan tersebut berasal dari asap mesin genset yang masuk ke dalam kamar para korban. Mesin genset tersebut dihidupkan karena listrik mati sejak Sabtu malam harinya.

“Namun demikian, kami menyerahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian untuk menyelidikinya,” katanya.

Ketua Bidang Pertandingan Pra Porprov, Hendra Fery mengatakan pihaknya baru mengetahui kejadian tersebut dari offisial tim Mentawai, dan saat ini masih melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian.

“Kami serahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian, dan bagaimanapun pertandingan tetap dilanjutkan,” katanya.

Ia menambahkan, Pra Porprov diikuti sebanyak 410 atlet yang berasal dari 19 kabupaten/kota di Sumbar. Ajang itu menjadi seleksi bagi PASI Sumbar untuk atlet yanh akan bertanding di Porprov 2018 di Kabupaten Padang Pariaman.