Setya Novanto Tentang Keponakannya Yang Menjadi Tersangka Kasus E-KTP

Sidang lanjutan perkara dugaan korupsi KTP-el dengan terdakwa Setya Novanto kembali digelar. Ada 10 saksi yang dihadirkan, salah satunya keponakan Setya Novanto, yaitu Irvanto Pambudi yang telah menjadi tersangka baru dalam kasus e KTP. Irvan merupakan mantan Direktur Utama PT Murakabi Sejahtera yang ikut dalam lelang e-KTP.

Irvanto Pambudi adalah keponakan Setya Novanto. Lantas apa komentar Setya Novanto. “Ya saya mendengar dari media. Nanti kita lihat perkembangannya di sidang ya,” ujar dia sebelum sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin (5/3/2018).

Selain Irvanto, jaksa juga menghadirkan sembilan orang saksi lainnya, termasuk tiga orang saksi yang belum selesai dimintai keterangan pada sidang sebelumnya, Senin (26/2). Tiga orang saksi yang belum selesai dimintai keterangan pada sidang yang lalu adalah dirut PT LEN Industri Wahyudin Bagenda, mantan PNS Kemendagri Rudi Indarto, dan Kepala Tim Teknis e-KTP Husni Fahmi.

Sementara enam orang saksi lainnya adalah panitia pemeriksa dan penerimaan barang Kemendagri Endah Lestari, Manajer Pemasaran PT Inti Valuta Riswan Barala, karyawan PT Berkah Langgeng Abadi Nunuy, Safrin Seruni, Adik dari Gamawan, yaitu Asmin Aulia, dan Komisaris PT Berkah Langgeng Juli Hera.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan dua tersangka baru dalam pengembangan kasus dugaan korupsi e-KTP.

Penetapan tersangka baru tersebut diumumkan oleh Ketua KPK, Agus Rahardjo. Dua tersangka baru tersebut merupakan merupakan mantan Direktur PT Murakabi Sejahtera Irvanto Hendra Pambudi (IHP) serta mantan bos PT Gunung Agung, Made Oka Masagung (MOM).

“KPK telah menemukan bukti permulaan cukup untuk menetapkan 2 orang lagi sebagai tersangka yaitu IHP dari swasta dan MOM juga dari swasta,” ujar Agus dalam konferensi pers di Gedung KPK, Jln Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (28/2/2018).

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul KPK Tetapkan Keponakan Setya Novanto Tersangka Baru Kasus e-KTP, http://www.tribunnews.com/nasional/2018/03/01/kpk-tetapkan-keponakan-setya-novanto-tersangka-baru-kasus-e-ktp.
Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Sanusi