Pengusaha Tambang Muntok Dilaporkan Ke Polda Babel

Forumkeadilan.com, Pangkalpinang– Efendi alias Bungkoi kabarnya dilaporkan ke Polda Kep. Babel di Pangkalpinang terkait dugaan pengancaman. Pengusaha tambang warga Muntok ini dilaporkan oleh Bustami wartawan sinarpaginews.com biro Bangka Belitung didampingi pengacara hukumnya Ade Niswara , lantaran melakukan pengancaman terhadap Bustami beberapa waktu lalu.

Ade Danishwara selaku pengacara hukum korban mengatakan kalau dirinya hanya mendampingi korban dalam pelaporan.

“Kami hanya mendampingi  korban dalam pelaporan, adapun dugaan adanya upaya pengancaman terhadap salah satu awak media sinarpaginews.com memang betul merupakan materi pelaporan, dan memang telah dimintai keterangan terhadap saksi oleh penyidik ditreskrimum polda babel,” kata Ade terkait kabar laporan pengancaman terhadap wartawan oleh pengusaha tambang, Senin (19/3/2018).

Disinggung materi laporan yang disampaikan ke Polda, dikatakan Ade soal dugaan perbuatan pengancaman.

“Tentang laporan ini kami buatkan dengan dugaan bahwa terlapor telah diduga melakukan perbuatan pengancaman sebagaimana diatur dalam pasal 335  Ayat 1 KUHP dan juga Pasal 18 ayat 1 UU No.40 tahun 1999 tentang pers,” pungkasnya.

Terpisah, Kabid Humas Polda Kep. Babel, Akbp Abdul Munim membenarkan adanya laporan  aduan yang masuk ke bagian Ditkrimum Polda Kep. Babel.

“Ada masuk di bagian Krimum dan saat ini prosesnya masih lidik,” ungkap Abdul Munim via pesan elektronik, Senin (19/3/2018).

Sekedar diketahui, dalam proses lidik kasus pengancaman ini pihak korban selaku pelapor dan saksi sudah dimintai keterangannya oleh penyidik Krimum Polda Kep. Babel.

“Ya, saya sudah dimintai keterangan oleh penyidik, Kamis (15/3/2018) terkait kesaksian saya saat terjadinya pengancaman itu,” kata Rudy, Selasa (20/3/2018).

Menurut Rudy keterangan yang disampaikan ke penyidik sesuai fakta di lapangan. Saat itu memang sikap Bungkoi pengusaha tambang  sempat mengeluarkan pernyataan  bernada ancaman kepada Bustami di depan rumah Bungkoi ketika keduanya hendak meminta klarifikasi pemberitaan soal tambang di desa Air Putih Bangka Barat di sinarpaginews.com.

“Kau yang name bustami ya, hebat kau ni ya, kau yang nulis berita tentang tambang itu, kau belum tahu berurusan dengan siape. Aku sudah tau semua tentang kau, hari2 kamu dan keluarga kamu. Kau jangan main main dengan  aku, hati hati kau, bisa nyawa taruhannya, kalau aku mau bisa saja aku putus leher kau,” kata Rudy menirukan kata kata ancaman Bungkoi kepada Bustami di saat mereka berdua ke rumah Bungkoi beberapa waktu lalu untuk klarifikasi pemberitaan soal tambang di sinarpaginews.com

Namun, hingga berita ini diturunkan pihak Efendi alias Bungkoi belum bersedia memberikan tanggapannya terkait laporan pengancamannya terhadap wartawan beberapa waktu lalu. Pesan singkat permintaan tanggapan yang dilayangkan, Senin kemarin belum juga dibalas.