Pemprov Babel Targetkan Pendapatan Retribusi Rp. 23,8 Milyar Lebih

Forumkeadilan.com, Pangkalpunang — Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Yan Megawandi yang diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum Yulizar mengharapkan kepada Tim Peningkatan dan Pengawasan Pendapatan Daerah Tahun 2018 dapat merealisasikan target pendapatan retribusi yang yang telah ditetapkan sebesar Rp.23,8 miliar lebih.

Demikian disampaikan Asisten III saat membuka Rapat Tim Peningkatan dan Pengawasan Pendapatan Daerah Tahun 2018, yang diselenggarakan di Ruang Tanjung Pesona Kantor Gubernur Babel, Senin (12/3/2018).
“Melalui rapat ini, retribusi yang telah ditetapkan pada tahun ini, agar dapat digenjot, sehingga target tersebut dapat terealisasi,” tegas Yulizar.

Kepada masing – masing anggota tim peningkatan dan pengawasan pendapatan daerah tahun 2018 di masing-masing OPD, Yulizar mengingatkan agar dapat melakukan langkah-langkah strategis bagaimana caranya dalam mencapai target pendapatan retribusi yang telah direncanakan.

“Kepada seluruh Tim Peningkatan dan Pengawasan Pendapatan Daerah untuk dapat mengungkit pendapatan daerah yang telah ditetapkan, sehingga berdampak kepada peningkatan pendapatan asli daerah dan memberikan kontribusinya dalam pembangunan di Babel,” kata Yulizar.

Sementara Kepala Badan Keuangan Daerah Babel, Feri Aryanto pada kesempatan sama juga mengajak, OPD pengelola retribusi yang merupakan bagian dari tim peningkatan dan pengawasan pendapatan daerah tahun 2018, agar dapat melaksanakan target yang telah ditetapkan.

Kedepan, kata Feri, akan dimintakan laporan triwulan dari masing- masing OPD pengelola retribusi yang termasuk didalamnya yaitu Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan (UPT Lab Kesehatan), Setda (Biro Umum), BP2TPM ,BKPSDM, Disperindag, Dispora, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kelautan dan Perikanan, Disnakertrans, Dinas Pertanian, Dinas ESDM, Badan Penghubung Provinsi Babel untuk disampaikan kepada Gubernur terkait dengan progress Pemprov Babel.

Pada kesempatan sama Feri juga mengharapkan PAD Babel dari pendapatan retribusi pada triwulan pertama dapat terealisasi sebesar 25 persen dari target Rp23, 8 miliar.

Dalam rapat itu, masing – masing OPD menyampaikan kendala yang dihadapi dan kondisi real yang terjadi saat ini, seperti salah satunya terkait dengan peraturan daerah serta sumber daya manusia yang ada. (Adv)