Kementerian Pertanian Siap Bantu Babel Guna Meningkatkan Kwalitas Lada

Forumkeadilan.com, Jakarta –Kementerian Pertanian di Jakarta akan memberikan bantuan kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam rangka membangun bidang pertanian di provinsi kepulauan Babel yang lebih dikenal sebagai pulau timah.

Perihal bantuan itu disampaikan oleh Dirjen Perkebunan Ir. Bambang MM saat melakukan pertemuan dengan Gubernur Babel Erzaldi Rosman di Kantor Kementan Jakarta, Senin  (26/3/2018).

Dalam pertemuan yang juga dihadiri Sekditjen Perkebunan, Direktur Tanaman Semusim dan Rempah, Direktur Tanaman Tahunan dan Penyegar serta Kepala Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Medan, Gubernur menyampaikan sejumlah hal. Intinya, Gubernur berharap Kementerian Pertanian dalam hal ini Ditjen Perkebunan dapat membantu dana untuk pengembangkan dan peningkatkan kualitas lada Babel. Selain lada, komoditi perkebunan lain yang akan dikembangkan karet, kelapa sawit, kopi dan serai wangi.

Gubernur Erzaldi Bersama Dirjen Perkebunan (Romli Muktar)

Dirjen Perkebunan mengapresiasi langkah, trobosan, dan perhatian Gubernur Babel untuk memajukan pertanian di Babel. Untuk itu, Kementan melalui Ditjen Perkebunan akan memberikan kucuran dana untuk pembangunan pertanian Babel. Melalui dana APBN tahun ini Babel dapat tambahan anggaran untuk pengembangan lada lebih dari 500 hektar.

Sedangkan ntuk program rehabilitasi kebun sawit rakyat, Babel mendapat kuota 3000 hektar lebih dengan anggaran Rp 25 juta per hektar.

Selain itu pada tahun 2019, jika Babel bisa mengembangkan lada 3750 hektar berdasarkan ketentuan kebun yang dipersyaratan dan ditepkan Dirjen Perkebunan, maka Babel dipastikan memperoleh alokasi terbesar dari total pengembangan lada nasional. (Adv)