Karena Melepaskan Tahanan Narkoba, Penyidik Kepolisian Ditangkap Polisi

 

Tim gabungan yang dipimpin Direktur Reserse Narkoba Polda Kalsel Kombes Pol Muhammad Firman akhirnya berhasil menangkap Bripka Suparmin di satu kawasan di Kota Palangkaraya, Provinsi Kalimantan Tengah, Selasa siang, 13/3/2018.

“Iya betul ditangkap di Palangkaraya hasil koordinasi tim pemburu yang dipimpin Dirresnarkoba dengan Resmob Polda Kalteng,” ucap Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana di Banjarmasin, Selasa sore.

Sebelumnya diketahui,  Bripka Suparmin, oknum penyidik Polsekta Banjarmasin Tengah,  melarikan seorang tahanan atas nama Ilhamsari menjadi prioritas Polda Kalsel.

Brigjen Pol Rachmat Mulyana kemudian membentuk tim pemburu gabungan Polresta Banjarmasin dan Polda Kalsel. Bahkan Kapolda mewanti-wanti anggotanya untuk tidak pulang sebelum pelaku tertangkap.

Bripka Suparmin diketahui sengaja meloloskan seorang tersangka tindak pidana Narkoba dari balik tahanan. Dimana tersangka Ilhamsari ditangkap anggota Polsekta Banjarmasin Tengah karena diduga terlibat dalam jaringan pengedar Narkoba hingga dijerat penyidik Pasal 114 Undang-Undang RI No 35 tahun 2009 Tentang Narkotika.

Sejak tanggal 31 Oktober 2017, tersangka dititip di Rumah tahanan (Rutan) Polresta Banjarmasin.

Belakangan, Bripka Suparmin selaku Banit 1 Unit Reskrim Polsekta Banjarmasin Tengah membawa kabur tersangka dengan memalsukan tanda tangan dan cap stempel Kejaksaan Negeri Banjarmasin seolah-olah tersangka sudah Tahap II alias P21 untuk mengeluarkannya dari Rutan.

Namun berkat pemburuan tim gabungan yang di dalamnya termasuk Kapolsekta Banjarmasin Tengah Kompol Wahyu Hidayat selama berhari-hari menyisir sejumlah wilayah yang diduga menjadi tempat persembunyian Bripka Suparmin akhirnya membuahkan hasil pada Selasa siang yang ditangkap di Palangkaraya.