Kapolri Dan Kapolda Kalsel Sumbang Dua Ekor Sapi Untuk Haul Guru Sekumpul

Banjarmasin. Forum Keadilan.com,(23/03/2018) Jenderal Tito Karnavian dan Kapolda Kalimantan Selatan Brigadir Jenderal Rachmat Mulyana menyumbang dua ekor sapi kepada panitia haul ke-13 KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau akrab disapa Guru Sekumpul.

 

Kedatangan jajaran kepeolisian dan anggota delegasi  dalam acara Haul Guru Sekumpul ke 13

Kapolda Kalsel Brigjen Rachmat Mulyana bersama jajaran kepolisian menyerahkan langsung hewan kurban itu kepada perwakilan keluarga almarhum di Musala Ar Raudah, Jalan Sekumpul, Kota Martapura, Jumat 23/3/2018.

“Penyerahan inwaq berupa dua ekor sapi dari bapak Kapolri dan satu ekor sapi dari Kapolda kepada keluarga dalam rangka haul ke-13 Guru Sekumpul, oleh bapak Kapolda Kalsel,” kata juru bicara Polda Kalsel, Ajun Komisaris Besar Mochamad Rifai selepas serah terima hewan kurban.

Jajaran kepolisian menaruh atensi besar terhadap agenda tahunan keagamaan tersebut. Apalagi, Presiden Joko Widodo akan menghadiri haul ke-13 Guru Sekumpul pada Minggu (25/03/2018).

Polda Kalsel dan beberapa jajaran Polres menyiapkan langkah antisipasi menghadapi agenda besar yang akan menyedot 1 jutaan umat mulsim dari berbagai penjuru.

Wakil Kepala Polda Kalsel, Komisaris Besar Nasri saat gelar pasukan di Mako Brimob, Kamis (22/3/2018), mengatakan ada 14.173 orang petugas gabungan untuk mengamankan haul ke-13 Guru Sekumpul dan kedatangan Presiden Joko Widodo.

Nasri merinci, petugas sebanyak itu terdiri dari 2.000-an lebih polisi, 100 orang TNI Kodim Martapura, 230 orang Satpol PP Kabupaten Banjar, 88 orang Dinas Perhubungan Banjar, 10.850 orang relawan, dan 583 petugas medis.

Nasri menuturkan pengamanan dimulai pada H-3 sampai H+1 Haul Guru Sekumpul atau tanggal 23-26 Maret 2018.

“Petugas harus antisipasi peningkatan kunjungan dan ada potensi kriminalitas yang bisa mengganggu acara tersebut. Maka perlu kesigapan pengamanan acara keagamaan ini,” ujarnya..

Menurutnya, rangkaian haul ke-13 Guru Sekumpul dimulai pada Kamis (22/3) dengan agenda pengajian rutin di Musala Ar Raudah Sekumpul. Agenda pada Jumat (23/03/2018) diisi kegiatan khusus keluarga internal di kediaman mendiang Guru Sekumpul.

Selanjutnya di hari Sabtu , kegiatan khusus alim ulama, kerabat, dan murid-murid Guru Sekumpul bertempat di kubah atau makam almarhum. Adapun puncak rangkaian haul dipusatkan di Musala Ar Raudah pada Minggu malam yg dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko widodo.

(Musrifah)