Sikap Ngotot Donal Trump Yang Patut Ditiru Joko Widodo: Guru Harus Dipersenjatai

Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan sekolah “bebas senjata” adalah magnet untuk para penembak massal. Dia ngotot dengan proposal kontroversialnya mempersenjatai para guru di sekolah-sekolah AS.

Dalam cuitannya, Trump menyatakan ingin memperkuat proposalnya itu yang sehari sebelumnya disampaikan kepada para penyintas pembantaian SMA di Parkland, Florida. Tetapi proposalnya ini ditentang keras serikat guru dan para wakil rakyat baik Demokrat maupun Republik.

“Guru atau pelatih yang sangat terlihat dan mahir menggunakan senjata akan mengatasi masalah dengan cepat, sebelum polisi tiba. PENCEGAHAN YANG HEBAT,” cuit Trump.

Dia melanjutkan, “Sebuah sekolah yang bebas senjata adalah magnet untuk orang-orang jahat. SERANGAN AKAN DIAKHIRI!”

Trump menyatakan bahwa dia tidak akan mempersenjatai semua guru, karena hanya untuk guru yang mendapat latihan militer. Dia menyebut angka dua puluh persen guru atau 700.000 pendidik, demikian AFP.

Belakangan ada sejumlah peristiwa guru dan dosen di Indonesia dipukuli murid atau orang tua murid. Demi menyelamatkan nyawa wajar bila guru atau dosen seharusnya melawan.