Misteri Silet Berdarah Terkait Tewasnya Mantan Wakapolda Sumatera Utara

Polres Kota (Polresta) Malang, masih belum menyimpulkan penyebab kematian mantan Wakapolda Sumatra Utara (Sumut), Kombespol (Purn) Agus Samad. Hingga saat ini, polisi masih menganalisis berbagai bukti dan memintai keterangan para saksi.

Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri mengatakan, perkembangan terbaru dari proses penyelidikan adalah ditemukannya silet di atas galon yang berada di ruang makan.

Terdapat bercak darah pada silet itu. Namun, polisi masih kesulitan menelusuri temuan silet tersebut. “Perkembangan ditemukan silet. Sedang kita dalami karena untuk mengambil sidik jari itu mengalami kesulitan. Karena bentuknya, silet ini kan ada lubang di tengahnya itu. Jadi kita coba untuk mengambil sidik jari menggunakan cara lain,” katanya seusai upacara pemakaman, Minggu (25/2/2018).

Asfuri juga belum memastikan apakah luka sayat di kedua tangan purnawirawan perwira Polri itu berasal dari silet tersebut.

Dari sejumlah bukti, Kasatreskrim Polresta Malang, AKP Ambuka Yudha menerangkan, kamera CCTV menjadi hal utama dalam penyelidikan. Polisi telah mengumpulkan lebih dari lima kamera CCTV yang berada di sekitaran rumah korban, di Perumahan Bukit Dieng, Kota Malang. Namun sayangnya, rekaman di kamera tersebut tidak memberikan petunjuk besar.

“Ada lebih dari lima kamera CCTV yang kita ambil tapi off,” kata Ambuka saat ditemui wartawan di kediaman korban, Perumahan Bukit Dieng MB 9 Kota Malang, Senin (26/2). Menurut Ambuka, dua kamera CCTV di depan kediaman sudah lama tak berfungsi.

Padahal, rekaman di kamera tersebut bisa menjadi petunjuk besar bagi penyelidikannya. Rekaman CCTV yang berfungsi dan memiliki kualitas gambar bagus justru berada di belakang rumah korban. “Tapi, sayangnya rekaman di CCTV belakang rumah tersebut tidak mencakup semua,” ujar Ambuka.

Di rekaman tersebut, kata Ambuka, hanya memperlihatkan motor para satpam perumahan. Kemudian terdapat gambar mobil yang putar balik saja di area belakang rumah korban.

Mantan Wakapolda Sumut Kombespol Purn Agus Samad ditemukan tewas di rumahnya, Bukit Dieng Permai MB 9, Sabtu (24/2). Dia ditemukan tewas di halaman belakang rumahnya dalam kondisi mengenaskan.

Korban sebelumnya ditemukan tergeletak di halaman belakang rumahnya dengan kaki terikat tali rafia. Ujung tali rafia tersebut terikat ke pagar ruangan di lantai tiga dengan ukuran lebih dari tinggi bangunan rumah. Selain itu, ditemukan bercak darah di ruang makan yang lokasinya tidak jauh dari korban ditemukan.