Mantan Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra Jadi Buronan

Mantan Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra dan saudara prianya, Thaksin Shinawatra, menjadi buronan. Selama ini keduanya tinggal di luar negeri. Selasa (13/2/2018) mereka dikabarkan menuju Hong Kong.

Sebelumnya mereka tinggal di Jepang sejak Sabtu (10/2/2018). Demikian sumber terdekat mantan PM Thailand tersebut sebagaimana dikutip AFP, Rabu.

Dalam sidang “in absentia” pada tahun lalu, Mahkaman Agung Thailand menjatuhkan hukuman penjara selama lima tahun kepada Yingluck atas kelalaiannya dalam melaksanakan program subsidi beras sehingga mengakibatkan kerugian besar pada cadangan keuangan negara.

Menjelang putusan pada bulan Agustus tahun lalu, politisi perempuan itu meninggalkan negaranya yang kemudian diketahui berada di Inggris.

Thaksin digulingkan dari jabatannya sebagai PM Thailand pada 2006 melalui kudeta militer. Dia juga melarikan diri ke luar negeri untuk menghindar dari tuduhan korupsi.

Yingluck yang diyakini mengunjungi Jepang untuk pertama kalinya setelah meninggalkan Thailand itu didampingi oleh Thaksin dan Somchai Wongsawat, saudara ipar keduanya yang juga mantan PM Thailand.

Mereka tinggal di Jepang untuk keperluan pribadi, demikian South China Morning Post mengutip pernyataan sumber yang juga dekat dengan mereka.

Yingluck mendapatkan izin tinggal luar biasa dari pemerintah Jepang, kata sumber tersebut.

Politikus berusia 50 tahun keturunan Tionghoa itu sedang berupaya mendapatkan suaka politik dari pemerintah Inggris.