Inna Sulistyowati Penyuap Bupati Jombang

Selain menetapkan Bupati Jombang Nyono Suhadi Wihandoko, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga menetapkan Pelaksana tugas kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang, Inna Sulistyowati sebagai tersangka. Inna diperiksa pada Minggu (4/2/2018).

Inna Sulistyowati tiba di gedung KPK pukul 07.00 WIB dengan menggunakan mobil tahanan KPK. Belum ada keterangan resmi dari KPK terkait pemeriksaan Inna hari ini, namun diduga pemeriksaan ini terkait penangkapan yang dilakukan penyidik KPK terhadap Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko. Saat ini, penyidik KPK telah menyegel ruangan pelaksana tugas kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang, Inna Sulistyowati.

Inna Sulistyowati

Menurut Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Laode M Syarif menjelaskan, setelah memeriksa 1×24 jam, dilanjutkan proses gelar perkara. dari hasil gelar prkara, Inna diduga memberikan uang suap kepada Bupati Jombang agar segera ditetapkan sebagai Kepala Dinas Kesehatan Jombang definitif.

Laode melanjutkan, Inna memberikan uang ke Nyono diduga agar bupati menetapkannya sebagai Kadinkes, karena statusnya saat ini masih Plt. Uang yang diberikan berasal dari pungli jasa pelayanan kesehatan dari 34 puskesmas di Jombang. Dana itu dikumpulkan sejak Juni 2017 dengan total Rp437 juta.

Inna adalah seorang Dokter Gigi. Beliau menyelesaikan studinya di Universitas Airlangga angkatan 1988.Inna Silestyowati merupakan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Jobang.