Sidang Perdana Gugatan Cerai Ahok Pada Istrinya

Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada Rabu (31/1/2018besok akan menggelar sidang perdana perceraian antara Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dengan Veronica Tan.

Sidang pertama dengan agenda mediasi pada besok itu membuat adik dan kuasa hukum Ahok, Fifi Lety Tjahaja Purnama, teringat dengan sidang setahun lalu pada kasus penodaan agama.

“Tanggal 31 harus sidang lagi ke PN Jakut, ini kayak de javu saja, balik ke sidang tahun lalu,” tulis Fifi dalam akun Instagram @fifiletytjahajapurnama, Selasa.

“Koko Ahok secara fisik di penjara, tetapi jiwanya bebas. Mungkin ada yang secara fisik bebas tetapi jiwanya justru terpenjara,” sambungnya.

Ungkapan Fifi itu menuai berbagai tanggapan dari para warganet yang berkomentar di akun Istragram itu.

“Doa yg terbaik buat Pak Ahok dan Bu Vero,” tulis akun @esthereni76.

“Perpisahan itu sangat menyakitkan, mengampuni jauh lebih indah…. Jesus bless Pak Ahok and family,” tulis @lidyameymeys.

Sementara akun @mirra_sagita menulis, “Semoga masalahnya cepat selesai dan enggak ada perceraian buat Pak Ahok dan Ibu Vero, amin.”

Sidang perceraian antara Ahok dan Veronica menurut jadwal akan dimulai pukul 09.00 WIB di PN Jakarta Utara. Sampai saat ini belum terkonfirmasi apakah Ahok dan Veronica akan menghadiri sidang itu atau hanya diwakili oleh kuasa hukumnya.

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) belum dapat dipastikan dapat hadir dalam sidang perdana gugatan cerai besok, Rabu (31/1/2018) di Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Kuasa hukum Ahok, Josefina Syukur mengatakan surat panggilan sidang sudah diterima sejak Kamis (25/1/2018) lalu. Namun Josefina belum dapat memastikan kliennya dapat hadir.

“Kami baru terima surat hari Kamis lalu. Belum bisa dipastikan Pak Ahok hadir atau tidak,” katanya kepada poskotanews.com, Selasa (31/1/2018).

Josefina juga belum dapat memastikan kehadiran Veronica Tan. Josefina mengaku belum mengetahui kuasa hukum yang ditunjuk Vero dalam gugatan cerai tersebut.

“Saya belum tahu juga. Saya belum tahu siapa yang ditunjuk jadi kuasa hukum,” imbuhnya.

Pengadilan Negeri Jakarta Utara menggelar sidang gugatan cerai perdana pada Rabu (31/1/2018). Dalam sidang perdana dengan agenda mediasi PN Jakarta Utara mewajibkan Ahok dan Vero untuk hadir.

Sebagaimana diketahui, publik dibuat kaget dengan kabar Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menggugat cerai istrinya, Veronica Tan. Belum diketahui apa penyebab eks Gubernur DKI Jakarta itu melayangkan gugatan cerai tersebut.

Kuasa hukum Ahok, Josefina Agatha Syukur mengatakan, dalam berkas pendaftaran sudah dibeberkan alasan Ahok menggugat cerai Veronica. Gugatan cerai itu didaftarkan pihak Ahok ke Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada Jumat (5/1/2018) lalu.

Josefina menyatakan, gugatan cerai dilayangkan Ahok karena didasari hal-hal yang bersifat sangat pribadi. “Ini ranah privat sekali,” ucap Josefina di PN Jakarta Utara, Jakarta, Senin (8/1.2018)

Meski begitu, Josefina membantah, alasan di balik Ahok menggugat cerai karena dugaan Veronica selingkuh. Yang jelas, ujar Josefina, alasan Ahok itu sudah disertakan dalam berkas gugatan yang didaftarkan.

“Saya enggak pernah bilang begitu (selingkuh). Dan di dalam gugatan kami jelas sekali alasannya apa,” ujar Josefina.

Namun demikian, Josefina enggan membeberkan apa pertimbangan Ahok melayangkan gugatan cerai. Dia juga enggan merespons hal-hal yang bersifat spekulasi atau baru sebatas rumor terkait alasan Ahok menggugat cerai istri yang sudah memberinya tiga anak itu.

“Saya enggak mau bicara rumor. Secara kode etik saya enggak bisa sampaikan,” ucap Josefina.

osefina mengatakan, pihaknya tidak mau mengungkapkan alasan gugattan cerai karena proses ini masih sangat awal. Apalagi sebelum masuk ke persidangan, kedua pihak akan melewati tahap mediasi lebih dulu.

“Begini, dari pihak lawyer, enggak boleh ungkapkan apa dulu. Karena tadi bilang masih ada tahap mediasi. Takutnya berbaikan kita yang malu sendiri. Enggak bagus buka aib orang,” ujar Josefina.

Kuasa hukum Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Jossefina Syukur, mendatangi Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Senin (8/1/2018). Datang seorang diri, ia tiba di gedung itu pukul 10:20.

Dikonfirmasi kehadirannya, Fina mengatakan untuk melengkapi berkas perkara gugatan perceraian. “Ya jadi buat lengkapi berkas yang kemarin,” katanya di Gedung PN Jakarta Utara, Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat, Senin (8/1/2018).

Josefina juga membenarkan bahwa gugatan dilayangkan pada Jumat, (5/1/2018). Surat gugatan di antar langsung oleh dirinya.

“Iya benar Pak Ahok gugat cerai. Saya yang bawa langsung ke sini,” imbuhnya.

Fina adalah salah satu kuasa hukum yang ditunjuk Ahok mengurus perceraiannya. Selain Fina, Ahok juga menunjuk adiknya, Fifi Lety Indra.

Warga net mencoba mencari tahu berita itu. Termasuk ke adik kandung yang juga kuasa hukumnya, Fiti Lety Tjahaja Purnama akun-akun mesia sosial keluarga dan kerabat untuk mencari konfirmasinya.

Pada akun Fifi di Instagram, netizen terus meminta klarifikasi atas kasus yang memang mengagetkan publik ini. Hal itu disampaikan di kolom komentar pada foto terakhir yang diunggah Fifi. Padahal, Fifi mengunggah foto diri yang tengah berbahagia karena berulang tahun.
Serbuan netizen membuat wanita pengacara ini angkat suara. Ia menuliskannya di kolom komentar di antaranya banyaknya warganet yang meminta dirinya bicara.

“Mohon maaf Ini sangat pribadi. Mohon Doa semua ya. Gbu all trima ksh atas Doa dan perhatiannya,” jawab Fifi.

Selama ini, ahok dan Vero dikenal sebagai pasangan yang harmonis. Mereka telah dikaruniari tiga anak. Anak terbesar adalah mahasiswa sedang yang paling kecil masih 8 tahun.

Selain menggugat cerai Vero, Ahok juga meminta hak asuh dua anak terkecil. Anak sulung dibebaskan memilih karena dia nggap sudah dewasa