Masyarakat Medan Menginginkan Pilkada 2018 Berlangsung Aman Damai

 

Medan, Forum keadilan.com (18/1/2018)- Pilkada serentak 2018 di seluruh wilayah Indonesia semakin terasa, seperti yang terjadi di kota Medan dimana baliho dan berbagai iklan billboard pasangan calon gubernur dan wakil gunernur Sumatera Utara berdiri di berbagai lokasi strategis.

Tidak hanya ‘perang’ baliho yang menampilkan pasangan calon, organisasi kemasyarakatan diantaranya Pemuda Pancasila (PP), Ikatan Pemuda Karya (IPK) yang ikut tampil dalam merebut simpati massa dalam memenangkan kandidat pasangan calon yang dijagokan mereka.

Wakapolda Sumut, Brigjen Pol Agus Andrianto mengatakan suasana politik di kota Medan memang sudah sangat terasa. Namun masyarakat Medan saat ini sudah berpikiran maju menginginkan Pilkada damai dan tak mudah diadu domba.

“Masyarakatnya Medan ini sudah cerdas, dan menginginkan Pilkada 2018 berlangsung aman dan lancar,” ujar Agus kepada wartawan di Medan, rabu (17/1/2018).

Untuk diketahui, masa kampanye calon gubernur dan wakil gubernur akan dimulai pada tanggal 15 Ferbruari 2018. Sehingga dalam mengamankan dan menjaga kelancaran Pilkada di Sumut, pihak TNI dan Polri menyiagakan 14.794 orang personel.

“Sejauh ini, adem aja, di bawah masih cair. Kita upayakan juga angan sampai ada yang ‘mengipasi’, kondisi aman kita pelihara bersama,” pungkas Wakapolda.

Sebelumnya Kapolda Sumut, Irjen Pol Paulus Waterpauw juga sudah melakukan berbagai langkah koordinasi demi mengamankan proses berlangsungnya Pilkada damai 2018.

“Jumlah personel yang disiagakan pun bisa ditambah lagi dengan ribuan personel dari instansi lain seperti, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, SAR, Pemadam Kebakaran, dan Badan Intelejen Daerah,” ujar Kapolda Sumatera Utara, Irjen Paulus Waterpauw saat Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Toba dalam rangka pengamanan pilkada serentak di Sumut, yang digelar di Lapangan Benteng Medan, Sabtu (6/1/2018).

Apel gelar pasukan tersebut, dihadiri Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen TNI Cucu Soemantri, Kasdam I/BB, Brigjen TNI Tiopan Aritonang, Wakapolda Sumut, Brigjen Pol Agus Andrianto, Walikota Medan, Dzulmi Eldin, Ketua KPU Sumut, Mulia Banurea, dan Ketua Bawaslu Sumut, Syafrida Rasahan. (Musrifah)