Tolak Koperasi Tandingan, Koperasi TKBM Mogok Nasional

Jakarta, ForumKeadilan.com – Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) pelabuhan di seluruh Indonesia melakukan aksi mogok nasional pada Senin (4/12).

Mereka terpaksa melakukan hal tersebut, karena menilai pemerintah terkesan mengadu domba koperasi lewat SKB tentang penyelenggaraan TKBM di pelabuhan.

“Mengubah PT menjadi koperasi sebagai pengelola TKBM di pelabuhan merupakan hal yang tidak bisa diterima,” tegas Sekretaris Tim Eksistensi Koperasi TKBM Pelabuhan se-Indonesia, Agoes Budianto.

Agoes sendiri belum bisa memastikan berapa lama aksi mogok nasional ini akan dilakukan, karena menunggu instruksi dari Induk Koperasi (Inkop).

“Kalau aksi ini, kami menunggu perintah dari pusat (mau) sampai kapan. Kita ini sifatnya secara nasional menunggu perintah dari Induk Koperasi TKBM Pelabuhan seluruh Indonesia ditambah dengan empat serikat se-Indonesia,” jelas Agoes, yang juga Ketua Koperasi TKBM Pelabuhan Dumai.

“Mereka lagi kumpul di Jakarta, apa instruksinya, apakah tetap hari ini (4/12) atau bagaimana seterusnya. Kami tunggu instruksinya,” imbuhnya.