Tok! Praperadilan Setya Novanto Gugur. Tok Tok Tok! Sidang Ditutup. Hakim Kusno Pun Tersenyum.

Pukul 10.45, Kamis 14/12/2017 Hakim Kusno yang mengadili permohonan praperadilan Setya Novanto mebacakan pertimbangan hukum sebelum mengambil kesimpulan sidang. Dalih pemohon dibacakan. Dalih termohon, yakni Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga dibacakan. Keterangan para saksi kedua belah pihak juga disebutkan.

Tapi semua itu menjadi tidak terlalu penting lagi. Sebab, sidang pokok perkara ya Novanto sudah diperiksa oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Rabu 13/12/2017).

“Pasal 82 ayat (1) huruf d KUHAP berbunyi, “Dalam hal suatu perkara sudah mulai diperiksa oleh pengadilan negeri, sedangkan pemeriksaan mengenai permintaan kepada pra peradilan belum selesai, maka permintaan tersebut gugur,” kata Hakim Kusno.

Pasal tersebut diperkuat oleh keputusan Mahkamah Konstitusi pada tahun 2016.

“Demi terciptanya kepastian hukum, Mahkamah Konstitusi menegaskan bahwa permintaan praperadilan dinyatakan gugur ketika telah dimulainya sidang pertama terhadap pokok perkara yang dimohonkan praperadilan’,” ucap Hakim Kosno.

“Hakim telah melihat bkti surat dari KPK mauupun bukti elektronik tentang dilaksanakannya sidang pokok perkara termohon, maka permohonan praperadilan dinyatakan gugur,” kata Kusno. Lalu “tok”.

Kemudian dengan tersenyum Hakim Kosno berkata pada hadirin. “Demikian ya..permohonan praperadilan dinyatakan gugur. Keputusan ini mengikat dan agar dipatuhi. Sidang ditutup.” Tok tok tok.

Tim kuasa hukum Setya Novanto cuma diam dengan wajah muram. Sebaliknya tim biro hukum KPK yang masih muda-muda, senyum simpul saja. Para wartawan yang meliput juga kelihatan senang.

Kuasa Hukum Setya Novanto menghormati putusan Hakim Tunggal Kusno yang mengugurkan praperadilan yang diajukan kliennya itu Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

“Jadi ya proses ini sudah berlangsung. Hakim sudah memutuskan kami hargai dan hormati karena memang peraturan hukum demikian,” kata Nana Suryana, kuasa hukum Novanto di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis.