Setya Novanto Kembali Terapkan Strategi Izin Ke Toilet

Sidang dakwaan Setya Novanto kembali dibuka setelah diskors. Dokter menyatakan Setya Novanto sehat. Tapi manakala dokter ingin membacakan hasil pemeriksaan, Setya Novanto lagi-lagi minta izin ke toilet.

Saat sidang dimulai, Setya Novanto masih bungkam. Dia terus menunduk dan tak merespons hakim. Sementara pengacaranya meminta hasil pemeriksaan kesehatan Novanto.

“Sampai sekarang kami belum melihat hasil pemeriksaan dokter secara real,” kata pengacara Novanto, Firman Wijaya, di ruang sidang Pengadilan Tipikor, Jalan Bungur Besar, Jakarta Pusat, Rabu (13/12/2017).Jaksa KPK Irene Putri menanggapi, pengacara Novanto pernah mengikuti proses pemeriksaan. Irene juga menegaskan tiga dari empat dokter yang memeriksa Novanto adalah dokter profesional dan independen.

Ketua Majelis Hakim Yanto kembali memanggil dokter-dokter yang memeriksa Novanto. Para dokter diminta membacakan pemeriksaannya. Namun, saat berkas-berkas yang telah diisi dokter hendak dihadirkan, Novanto izin ke toilet.

sebelumnya, empat dokter menyatakan kondisi Setya Novanto sehat dan bisa mengikuti persidangan. Namun pengacara Novanto meminta hasil pemeriksaan tersebut.

Awalnya, ketua majelis hakim Yanto menanyakan hasil pemeriksaan kepada 4 dokter itu secara lisan. Keempat dokter itu menyebut Novanto sehat.

“Bisa komunikasi dengan baik? Apabila kita lanjutkan pemeriksaan dalam pembacaan, kira-kira dia kuat?” tanya Yanto dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Rabu (13/12/2017).

“Bisa, Yang Mulia. Saya rasa kuat, Yang Mulia,” jawab dokter.