Aziz Syamsuddin Siap Jadi Ketua DPR Dan Menganggap Surat Setya Novanto Sah

Posisi Ketua DPR pastilah menarik hati para wakil rakyat, termasuk bagi Aziz Syamsuddin. Walaupun ia menyadari akan ada perlawanan dari internal Golkar sendiri, Ketua Fraksi Golkar di DPR ini mengganggap surat Setya Novanto selaku Ketua Umum Golkar adalah sah.

Sebagaimana diketahui surat Setya Novanto yang juga Ketua DPR tersebut menunjuk Aziz Syamsuddun menggantikannya sebagai Ketua DPR.

“Sebagai kader partai kan saya harus mengamankan keputusan partai. Namanya tugas partai kami ngikut,” kata Aziz kepada pers, Sabtu (9/12/2017).

Aziz mengatkan sudah melihat langsung surat yang ditandatangani Setya Novanto dan dikirimkan ke fraksi Partai Golkar. Surat itu sekaligus menyatakan bahwa Novanto bersedia mundur dari posisinya sebagai Ketua DPR.

Meski ditandatangani Novanto dari dalam tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi,  Aziz memastikan surat tersebut sah sebagai amanat DPP Partai Golkar.

Meski dorongan mengganti ketua umum Golkar terus menguat,  Aziz menegaskan bahwa Novanto sampai saat ini masih menjabat sebagai ketua umum partai beringin.

Oleh karena itu, Novanto masih berhak mengambil keputusan mengatasnamakan DPP Partai Golkar.

“Suratnya diketik, kan keputusan DPP, sesuai AD/ART sah,” ucap Aziz.

Selanjutnya, Aziz menyerahkan sepenuhnya kepada mekanisme yang ada sesuai dengan tata tertib di DPR.

“Mudah-mudahan tidak ada halangan. Namanya belum dilantik. Kan, nunggu dilantik dulu kapan dilantiknya kami juga enggak tahu,” ujarnya