Akibat Pipa Gas Bocor, 30 Karyawan Keracunan

 

Sebanyak 30 karyawan mengalami keracunan setelah terjadi kebocoran pipa gas amonia di PT Suri Tani Pemuka, di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Sabtu.

“Kebocoran saluran gas amonia yang terjadi di PT Suri Tani sekitar pukul 13.00 WIB itu menyebabkan 30 pegawai mengalami keracunan,” kata Kabid Humas Polda Jawa Barat, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus, saat dihubungi dari Cirebon, Sabtu.

Yunus mengatakan dari keterangan saksi bahwa pada saat dirinya bekerja mendapat informasi di ruangan produksi terdapat kebocoran saluran gas amonia.

Kemudian, saksi mendatangi lokasi serta memerintahkan kepada seluruh karyawan untuk keluar ruangan.

“Namun setelah para karyawan keluar ruangan, terdapat beberapa karyawan jatuh pingsan yang kemudian langsung dibawa ke Rumah Sakit oleh pihak perusahaan dibantu dengan pihak Kepolisian,” tuturnya.

Yusri menjelaskan kebocoran gas amonia tersebut berasal dari pipa gudang pendingin nomor 4 yang berada di ruang produksi.

Untuk saat ini, pihak perusahaan sudah melakukan upaya dengan langsung menutup kran pipa utama, hal ini guna meminimalisir timbulnya kejadian yang tidak diinginkan.

“Dengan adanya karyawan yang menjadi korban perusahaan akan bertanggung jawab untuk biaya pengobatan mereka,” katanya.