Yang Melindungi Setya Novanto Bisa Dipenjara 12 Tahun

Setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Setya Novanto sebagai buronan atau Daftar Pencarian Orang (DPO),  komisi anti rasuah ini mengingatkan pada khalayak agar tidak melindungi ketua umum partai Golkar ini karena ada ancaman pidananya.

“Oleh karena itu, kami ingatkan juga pada pihak-pihak lain agar jangan sampai ada upaya untuk melindungi atau menyembunyikan karena ada risiko pidana terhadap perbuatan tersebut, seperti diatur di Pasal 21 UU Tipikor dengan ancaman pidana 3 sampai 12 tahun. Jadi kami harap hal ini tdk perlu terjadi jika ada kerjasama dan itikad baik utk datang ke KPK,” tambah Febri.

Bunyi pasal itu ialah:

Setiap orang yang dengan sengaja mencegah, merintangi, atau menggagalkan secara langsung atau tidak langsung penyidikan, penuntutan, dan pemeriksaan disidang pengadilan terhadap tersangka atau terdakwa ataupun para saksi dalam perkara korupsi, dipidana dengan pidana penjara paling singkat 3 tahun dan paling lama 12 tahun dan atau denda paling sedikit Rp 150 juta dan paling banyak Rp 600 juta.