Setya Novanto Menghadirkan 12 Saksi Meringankan

 

Tidak tangung-tanggung, hari ini Senin 27/11/2017 Setya Novanto akan menghadirkan 12 saksi yang akan meringankannya.Mereka akan diperiksa oleh Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang juga akan menghadirkan Setya Novanto selaku tersangka kasus dugaan korupsi proyek e-KTP.

Kabar ini disampaikan oleh Juru Bicara KPK Febri Diansyah.. “Saksi dari Partai Golkar, baik yang menjadi anggota DPR, tenaga ahli Ketua DPR, ataupun pengurus Partai Golkar. Unsur ahli, terdiri dari 4 ahli pidana dan 1 ahli hukum tata negara,” kata Febri dalam keterangannya, Senin pagi (27/11/2017).

Sebelumnya pengacara Fredrich Yunadi mengatakan, dalam pemeriksaan ketiga hari ini Novanto sendiri yang memilih siapa saja yang diajukannya menjadi saksi meringankan. Novanto juga menunjuk langsung siapa ahli. Namun Fredrich tak bersedia membeberkan identitas saksi Novanto.

“Saya tidak tahu. Yang menunjuk kan beliau. Hubungannya apa saya juga tidak tahu, dulunya bagaimana saya juga tidak tahu. Dan saya tidak ingin tahu karena itu wewenang beliau sebagaimana Pasal 65 (KUHAP),” Fredrich menjelaskan.

Atas permintaan Novanto itu, KPK telah melayangkan panggilan terhadap saksi a de charge tersebut. Dari 12 saksi, 7 merupakan politisi Golkar dan 5 orang ahli. (