Ratusan Rusa Tewas Tertabrak Kereta Barang

Sebuah kereta menabrak 65 rusa kutub pada Sabtu, 18 November, dan 41 rusa kutub lainnya mati sepanjang Rabu hingga Jumat 24 November 2017.

Angka ini menggenapi 106 rusa kutub yang tewas tertabrak kereta barang di Norwegia Utara dalam beberapa hari belakangan. Banyak yang menyebut kejadian ini sebagai tragedi yang tak masuk akal.

“Saya begitu marah sampai sakit kepala. Ini tragedi dan mimpi buruk,” kata Ole Henrik Kappfjell, pemilik 65 rusa kutub yang mati.

Norwegia merupakan rumah bagi 250 ribu rusa kutub domestik. Mereka kebanyakan tinggal di bagian utara negara ini.

Pada musim dingin, biasanya penggembala menggiring rusa kutub ke padang rumput untuk mencari tempat penggembalaan. Di waktu inilah, banyak hewan yang tertabrak mobil dan kereta. Beberapa di antaranya ada juga yang tenggelam.

Dari foto yang diambil oleh Jon Erling Utsi, pembuat film dokumenter, terlihat rusa-rusa kutub yang terkapar dan berdarah di atas hamparan salju. Mereka dibiarkan terluka setelah tertabrak kereta. Itu hal yang menyeramkan untuk dilihat,” cerita Ole.

Ia menambahkan, rusa-rusa kutub ini tidak langsung mati setelah ditabrak. Mereka terkapar di sana dan menderita. Tidak ada yang menolong. “Ada pertumpahan darah sepanjang beberapa kilometer,” ujar Ole.

Lebih dari dua ribu rusa kutub tertabrak kereta selama 2013 hingga 2016. Para penggembala sudah meminta perusahaan kereta untuk memasang pagar pembatas sepanjang jalur. Namun, mereka mengaku tidak memiliki dana untuk itu. (SU – Reuters)