KPK Sita Rp.1 Milliar Dan Tangkap 10 Orang Terkait Kasus Jambi

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan adanya kegiatan tim penindakan yang disebar di Jambi dan Jakarta. “Ya benar, ada OTT di Jambi,” kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Sementara Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyatakan sejumlah anggota DPRD Provinsi Jambi, pejabat Pemprov Jambi dan swasta tertangkap tangkap dalam kegiatan dari tim penindakan itu “Sejumlah uang juga diamankan dalam kegiatan ini. Sekitar Rp1 miliar lebih,” kata Febri.

Febri juga menginformasikan bahwa KPK mengamankan 10 orang. “Di Jakarta tiga orang dan di Jambi tujuh orang,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Jakarta, Selasa, 28/11/2017

Unsur dari 10 orang itu antara lain penyelenggara negara di daerah dalam hal ini anggota DPRD setempat, pejabat dan pegawai di Pemprov serta pihak swasta.

Menurut Febri, tim KPK terlebih dahulu harus melakukan proses pemeriksaan awal dan dalam waktu sekitar 24 jam akan ditentukan status dari pihak-pihak yang diamankan tersebut.

“Untuk mereka yang diamankan di Jakarta sudah dibawa ke gedung KPK Jakarta untuk dilakukan proses pemeriksaan lebih lanjut sampai dengan besok. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada tim dari Polda Jambi yang membantu operasi ini,” ungkap Febri.

Namun dia belum memberikan informasi yang lebih rinci tentang siapa saja yang ditangkap dan apa tuduhannya.

Sampai Selasa sore (28/11/2017) puluhan wartawan masih menyemut di Mapolda Jambi. Penjagaan di markas polisi itu tampak diperketat. Ini ditandai dengan banyaknya petugas jaga, tidak seperti hari biasanya.