Di Riau, Api Juga Melalap Rumah Anggota DPRD

Api tidak pandang bulu. Rumah anggota Komisi I DPRD Lingga juga turut ludes terbakar dalam  kebakaran yang menghanguskan pusat perekonomian masyarakat di ibukota Kabupaten Lingga kawasan Pasar Kampung Cina, Daiklingga, Selasa, 28/11/2017 dinihari.
“Rumah itu merupakan rumah orang tua saya dan saya pernah tinggal disitu, semuanya hangus tidak ada yang tersisa,” kata Seniy anggota Komisi I DPRD Lingga saat diwawancarai Antara.
Selain itu Hotel Lingga Pesona yang berada tepat didepan toko milik orang tua anggota DPRD Lingga tersebut, yang merupakan hotel terbesar di ibukota Daiklingga Kabupaten Lingga sebagian bangunannya juga ludes dilalap api.
Kerugian yang diderita menurutnya mencapai ratusan juta namun mengingat kondisi yang sedang terjadi saat ini pihak keluarga dipindahkan sementara ke rumah lainnya. Lokasi toko tersebut tepat berada di tengah-tengah lokasi kobaran api sehingga sangat sulit untuk dipadamkan.
Informasi sementara dari posko sementara yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar, sebanyak 59 bangunan hangus terbakar 45 diantaranya berpenghuni sementara limanya tidak berpenghuni.
Bangunan tersebut terdiri dari rumah toko, penginapan dan beberapa rumah pribadi termasuk bangunan milik LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) dan gudang milik warga. Lokasi tersebut dihuni sedikitnya 31 kepala keluarga dan jumlah jiwa belum dapat dipastikan. Hingga saat ini belum ada korban jiwa yang mengalami luka serius maupun meninggal dunia.
Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar mengatakan pihaknya sudah menyiapkan beberapa alternatif lokasi untuk pengungsian sementara bagi warga yang rumahnya hangus terbakar, salah satunya adalah kantor milik pemerintah Gedung Laila Sangguna dan Kantor sekretariat KNPI Kabupaten Lingga.
“Kami memiliki anggaran di APBD Perubahan sekitar lima ratusan juta untuk bencana alam, rencananya ini akan digunakan dan kami juga sudah berkoordinasi dengan Gubernur dan Sekda untuk melakukan penanganan awal,” sebutnya