Di Aceh Seorang Mahasiswa Ditangkap Karena Mencuri

Setelah menerima dua laporan dari korban berbeda, Anggota Sat Reskrim Polres Banda Aceh  menangkap pelaku pencurian berstatus mahasiswa yang berinisial AB (21) di Kampus UIN Ar-Raniry, Banda Aceh pada Kamis (23/11). AB merupakan warga Gampong Paya Dapur, Kecamatan Kluet, Kabupaten Aceh Selatan.

AB yang sudah menjadi target operasi (TO) itu ditangkap karena sering mencuri dompet di dua kampus negeri sekitar Darussalam, Banda Aceh.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol T Saladin melalui Kasat Reskrim, AKP M Taufiq mengatakan, pelaku sudah sering melakukan aksi pencurian di Universitas Syiah Kuala dan UIN Ar-Raniry.

“Pencurian dilakukan secara berulang-ulang di kawasan Kopelma (Komplek Pelajar dan Mahasiswa) Unsyiah dan UIN Ar-Raniry,” ungkap Taufik saat dikonfirmasi Kanalaceh.com, Jumat (24/11) malam.

Taufik menjelaskan, saat pelaku melakukan pencurian sempat terekam oleh kamera CCTV. Setelah melihat rekaman tersebut, anggota Sat Reskrim Polresta Banda Aceh langsung melakukan penyelidikan.

Pada Kamis kemarin, lanjutnya, anggota mendapat informasi perihal keberadaan pelaku. Anggota pun langsung bergerak menuju Perpustakaan UIN Ar-Raniry dan memastikan wajah pelaku.

“Ternyata benar, pelaku ada di perpustakaan, kami pun langsung mengamankan dan mengintrogasi. Pelaku mengaku telah mencuri sebanyak 13 kali di Unsyiah dan UIN Ar-Raniry,” jelas Taufik.

Saat ini pelaku beserta barang bukti telah dibawa dan diamankan ke Polresta Banda Aceh guna dilakukan proses lebih lanjut.

“Kita masih melakukan pengembangan apakah untuk pelaku yang diamankan ada terlibat dalam kasus tindak pidana pencurian lainnya di beberapa wilayah,” ujar Taufik.

Adapun barang yang diambil oleh pelaku yakni:
1. Sebuah dompet berisi uang tunai Rp 50 ribu beserta ATM Mandiri (uang di ATM dibobol Rp 1 juta).‎
2. Sebuah dompet berisi uang Rp 100 ribu dan ATM Bank Aceh (uang di ATM dibobol Rp 1,2 juta).
3. Sebuah dompet (tempat alat tulis).‎
4. Sebuah dompet berisi uang Rp 200 ribu.‎
5. Sebuah dompet berisi uang Rp 50 ribu‎
6. Sebuah tas berisi cermin.‎
7. Sebuah dompet berisi uang Rp 130 ribu dan sebuah telepon seluler.‎
8. Sebuah dompet berisi uang Rp 250 ribu.
9. Sebuah dompet berisi uang Rp 170 ribu.‎
10. ‎Sebuah dompet kosong.‎
11. Sebuah dompet dan uang di ATM yang dibobol sebesar 50 Bath.‎
12. Sebuah tas dan uang di ATM yang dibobol sebesar Rp 100 ribu.‎
13. Sebuah tas yang berisi buku.