Pos Brimob Diserang, Kemudian Polsek Tembagapura Juga Diserang

 

Kelompok bersenjata di Papua semakin mengganas. Pos Brimob yang berada antara Mil 66 dan Mil 67, Tembagapura, pada Minggu pagi (29/10) sekitar pukul 10.35 Wit ditembak kelompok kriminal bersenjata.

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal kepada Antara mengatakan insiden itu tidak sampai menimbulkan korban jiwa, hanya membuat kendaraan operasional yang sedang parkir di depan pos kena tembakan.

“Sempat terjadi baku tembak dengan KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata) sesaat setelah pos Brimob ditembak, dan kelompok penyerang melakukan penembakan dari ketinggian,” katanya.

Saat ini, menurut dia, anggota Brimob sedang mengejar penyerang yang lari menuju kawasan Hidden Valley di Mil 66.

Sementara karyawan dan warga yang berada di sekitar lokasi penembakan kini dievakuasi ke balai olahraga Tembagapura.

Di hari yang sama,  Markas Kepolisian Sektor Tembagapura di Kabupaten Mimika pada Minggu sekitar pukul 14.00 WIT, beberapa jam setelah penembakan Pos Brimob di Mil 67 pukul 10.15 WIT.

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal dalam siaran pers kepolisian menyatakan bahwa pada pukul 14.00 WIT terdengar bunyi suara tembakan dari arah barat Markas Kepolisian Sektor Tembagapura.

Anggota tim khusus yang siaga di Markas Polsek Tembagapura membalasnya dengan melepaskan tembakan, dan kemudian terjadi saling balas tembakan.

Tak lama berselang Freeport kembali membunyikan sirene peringatan di kota Tembagapura sekitar pukul 14.20 WIT.

Menurut informasi yang dihimpun Polsek Tembagapura kelompok bersenjata telah membuat jalan di atas pos keamanan di atas bekas pos lama yang sebelumnya dibakar di kampung Utikini lama dan bersiaga di semak-semak pada sisi kiri dan kanan jalan.