Edward Soryadjaja Juga Pernah Jadi Tersangka Kasus Pemalsuan

 

Bukan hanya Sandiaga Uno yang dituduh melakukan pemalsuan. Edward Soeryadjaya juga dituduh melakukan hal serupa. Ia  ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus dugaan pemalsuan dokumen sengketa lahan SMAK Dago Bandung. Kini kasusnya masih dalam tahap P19.

“Ya sudah jadi tersangka. Karena perkaranya kan sudah proses penyidikan dan dilimpahkan berkasnya ke kejaksaan,” ujar Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Martinus yang dkonfirmasi usai ziarah bersama pejabat dan pimpinan daerah Jabar ke Taman Makam Pahlawan, Kota Bandung, dalam rangka memepringati Hari Pahlawan, Senin (10/11/2014).

 

Edwad Soeryadjaja

Edward ditetapkan sebagai tersangka pada 2012 lalu. Presiden Direktur Ortus Limited Holdings ini diduga menggunakan dokumen palsu untuk pembuatan akta notaris dan lain-lain terkait kepemilikan lahan SMAK Dago. Edward berasal dari kubu Perkumpulan Lyceum Kristen (PLK) yang mengklaim memiliki tanah SMAK Dago yang selama ini dimiliki Yayasan Badan Perguruan Sekolah Menengah Kristen Jawa Barat.

Berkas penyidikan sudah diserahkan ke Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, namun dikembalikan ke kepolisian. Kasien Penkum Kejati Jabar yang ketika itu dijabat Suparman membenarkan polisi telah menyerahkan berkasnya pada 2012 lalu. “Penyidik suruh melengkapinya, namun hingga kini belum dikembalikan lagi,” katanya.

Selanjutnya tidak jelas kelanjutannya. Yang jelas Edward masih bebas merdeka.