Berkas Jonru Ginting Sudah Diterima Kejati DKI Jakarta

 

Juru Bicara Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Nirwan Nawawi mengakui pihaknya telah menerima berkas perkara dengan tersangka Jonru Ginting. .”Benar pada hari Rabu 11 Oktober 2017 kami telah  menerima berkas perkara Jonru Ginting. Dengan nomor perkara R.5400/X/Datro 10 Oktober 2017 dari penyidik Polda Metro Jaya” kata Nirwan saat dikonfirmasi oleh FORUM Kamis 12 Oktober 2017.

 

Sebelumnya pada Selasa 10 Oktober 2017, penyidik telah memeriksa istri Jonru, Hendra Yulianti dan mantan pegawai Jonru, Irman. Yulianti diperiksa atas permintaan dari penyidik. Sedangkan Irman diperiksa untuk memenuhi permintaan Jonru yang dinilai dapat meringankan tindak pidana yang disangkakan.

Meski demikian, Argo mengatakan, tidak menutup kemungkinan jika berkas tersebut nantinya masih harus dilengkapi sesuai dengan ketentuan dari pihak Kejaksaan.

“Pemeriksaan saksi sudah selesai kan,” ucapnya.

Jonru dilaporkan oleh Muannas Alaidid. Sejak ditetapkan sebagai tersangka pada Jumat (29/9), Jonru resmi mendekam di Rumah Tahanan Narkoba Polda Metro Jaya keesokan harinya hingga saat ini.

Pemeriksaan terhadap Jonru juga dinilai berjalan dengan baik. Jonru dinilai kooperatif dalam menjawab pertanyaan yang dilayangkan oleh penyidik.

Jonru disangkakan Pasal 28 ayat 2 Juncto Pasal 45A ayat 2 UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI Nomor 11 tahun 2008 tentang ITE.

‘Aktivis media sosial’ itu juga dijerat dengan Pasal 4 huruf b angka 1 Jo Pasal 16 UU RI Nomor 40 tahun 2008 tentang penghapusan diskriminasi ras dan etnis. Dia juga disangkakan Pasal 156 KUHP tentang Penghinaan terhadap Suatu Golongan Tertentu.

Jonru juga dapat dikenakan hukuman kumulatif karena melakukan perbuatan tersebut secara berulang. Sofyan Hadi