Pendeta Dibekuk Setelah Buron Selama Satu Tahun

 

Andreas Josep Tarigan yang hampir satu tahun menjadi buronan kasus pembunuhan. Selama itu keberadaannya tidak diketahui, hingga akhirnya ia ditangkap Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Medan di kawasan Perumahan Taman Sakura Blok L 1 No 19 Bekasi, Jawa Barat, Senin (18/9/2017) sekitar pukul 06.30 WIB.

Andreas adalah Pendeta Gereja Batak Karo Protestan (GBKP). Dia masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Polrestabes Medan, terkait kasus pembunuhan Tahan Ginting di Simpang Pantai Lubin Desa Namorih, Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang, pada tahun 22 Oktober 2016. Tahan Ginting adalah pengusaha sawit di Pancurbatu.

Polisi menangkap tersangka di rumah persembunyiannya di Jalan Taman Sakura, Blok 11 Nomor 19, Bekasi..Rumah kontrakan tersangka dikabarkan milik seorang pejabat Polisi aktif yang bertugas di Polda Papua. Sehingga warga komplek perumahan elit ini, sangat tidak menyangka jika ada warga mereka yang menjadi DPO kepolisian terkait kasus pembunuhan/ selama satu tahun lebih.

Saat ditangkap, tersnagka AJT, hendak mengantarkan anaknya ke sekolah dengan mengendarai sepeda motor. Saat itu pula petugas Kepolisian dari Polrestabes Medan langsung meringkus tersangka.

Meski istri dan anak tersangka sempat mencoba melakukan perlawanan dengan berteriak minta tolong. Namun, upaya yang sempat membuat heboh warga komplek dapat dikendalikan petugas kepolisian.