Kota Batu Tetap Milik Keluarga Eddy Rumpoko

Dewanti, Istri Rumpoko Sudah Terpilih Jadi Walkot Batu

Sebenarnya Eddy Rumpoko akan purna tugas secara baik-bai. Sudah dua periode Eddy Rumpoko memimpin Kota Batu. Tongkat estafet dilanjutkan ke istrinya, Dewanti.

Dewanti yang berpasangan dengan Punjul Santoso memenangi Pilkada Kota Batu 2017 hari ini. Ke mana Eddy Rumpoko setelah tak lagi menjadi wali kota?

“Saya rasa bapak (Eddy Rumpoko) sudah punya kegiatan sendiri. Setelah ini bapak akan kembali ke dunia usaha,” kata Dewanti kepada detikcom di posko pemenangan yang juga kantor DPC PDIP Kota Batu di Jalan Oro-oro Ombo, Rabu (15/2/2017) malam atau 7 bulan silam.

Wali Kota Batu yang unggul dari hasil hitung cepat ini menjelaskan suaminya kembali akan menggeluti usaha di bidang properti.

“Jadi bapak tidak mungkin bisa mendampingi saya setiap hari dalam menjalankan pemerintahan,” katanya.

Namun meski begitu, komunikasi akan terus dijalin terutama bila menemukan masalah-masalah yang penting akan dikonsultasikan.

Ketika Eddy Ditangkap KPK

“Walaupun nanti ada hal-hal yang urgent, perlu lah saya komunikasikan ke bapak. Karena bapak punya pengalaman sebagai Wali Kota Batu,” terangnya.

Dewanti yang berjanji akan kerjasama dengan pasangannya Punjul Santoso segera akan melakukan konsolidasi untuk penataan birokrasi yang bersih.

“Untuk ke dalam (pemerintahan), saya akan revitalisasi birokrasi, agar supaya birokrasi ini menjadi birokrasi yang bersih, yang baik kerjanya, efektif dan efisien,” terang Dewanti ketika itu.

Ternyata Eddy harus berurusan denga KPK karena kasus suap. Lalu apakah Dewanti terlibat. “Sejauh ini KPK belum menemukan indikasi keterlibatan istti tersangka,” jawab Laode M Syarif, Wakil Ketua KPK di gedung KPK Minggu 17 September 2017.