Alami Kendala Teknis, Galang Gagal Tuntaskan Balapan

Portimao, ForumKeadilan.com | Sempat berada di posisi keenam, pembalap muda tanah air, Galang Hendra Pratama akhirnya gagal menyelesaikan perlombaan World Super Sport 300 (WSSP300) seri ke-7 di Portimao, Portugal, Minggu (17/9).

Masalah teknis yang dialami pembalap berusia 18 tahun asal Yogyakarta tersebut membuat posisinya terus turun hingga akhirnya tidak bisa menuntaskan balapan yang berlangsung selama 11 lap. Start dari posisi ke-10. Galang harus kembali ke paddock pada lap kedelapan.

Padahal, ketika lap pemanasan, motor dalam kondisi normal, bahkan di awal-awal race, Galang langsung menonjok ke posisi keenam. Saat di trek lurus seusai lap pertama, RPM motor sudah tidak stabil. Itu terjadi berulang kali setiap lapnya. Sehingga, Galang memutuskan masuk pit di lap kesembilan, dan karena alasan keamanan, dia tidak melanjutkan balapan.

“Saat start, saya langsung masuk ke dalam top group dan yakin bisa fight. Tetapi ada masalah elektonik yang mengakibatkannya tidak bisa melanjutkan balapan,” ungkap Galang Hendra Pratama yang bergabung di tim Motoxracing dengan pacuan YZF-R3.

Apa pun hasil yang diraih di Portimo, Galang tidak menunjukkan raut kesedihan. “Saya tetap senang bisa mengikuti kejuaraan ini. Terima kasih kepada Yamaha Indonesia, Motoxracing, Yamaha Europe dan seluruh fans yang telah memberikan dukungan kepada saya,” kata Galang.

Sementara itu, Manajer Yamaha Racing Indonesia (YRI), Wahyu Rusmayadi, yang ikut mendampingi Galang Hendra menjelaskan bahwa ketika setting-lap, kondisi motor dalam keadaan normal. Lantas, usai lap pertama, Galang berada di posisi ke-9, tetapi mulai lap berikutnya ada kendala elektronik dan mengharuskan masuk pit.

“Untuk sementara ini motor masih dalam pemeriksaan tim engineer untuk kemudian dilakukan evaluasi berdasarkan data 2D,” sambung Wahyu Rusmayadi.

Gelaran WSSP300 ini sendiri menjadi pengalaman pertama Galang dalam kompetisi level dunia. Dan WSSP300 merupakan rangkaian dalam penyelenggaran superbike dunia (WSBK 2017). Di Portimao, tercatat sebanyak 37 starter mengikuti WSSP300.