Ketua PWI Aceh Utara Serahkan Sertifikat Uji Kompetensi

 

forumkeadilan.com – Aceh. Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh Utara – Kota Lhokseumawe, Sayuti Achmad menyerahkan sertifikat Uji Kompetensi Wartawan (UKW), penyerahan secara simbolis tersebut berlangsung di gedung PWI setempat, Selasa (22/8).

“Sertifikat kompetensi harus dimiliki oleh wartawan, karena hal ini menunjukkan tingkat profesionalisme yang seyogyanya dimiliki oleh para wartawan. Jadi, dengan sertifikasi ini wartawan sudah memiliki tingkat profesionalisme dan pengakuan dari nara sumber serta masyarakat,” ujar Sayuti Achmad kepada forumkeadilan.com.

Menurutnya, saat ini PWI Aceh Utara – Kota Lhokseumawe sendiri terus mendorong anggotanya untuk ikut uji kompetensi. Bahkan, ada beberapa anggotanya dikirim ke provinsi lain, seperti Sumatera Utara (Medan). “Sudah 20 anggota PWI Aceh Utara – Kota Lhokseumawe lulus dan memegang kartu UKW,” jelas Sayuti.

Pada tahun 2016, kata dia, pihaknya juga menggelar kegiatan UKW di Kota Lhokseumawe tingkat muda yang diikuti sekitar 36 peserta dari kabupaten/kota di Aceh dan Medan, Sumut.

“Untuk anggota PWI yang belum mengikuti UKW dan belum berkompeten, akan kita dorong terus. Sehingga semua anggota PWI Aceh Utara – Kota Lhokseumawe memiliki sertifikasi sebagaimana tertuang dalam aturan dewan pers tentang standar kompetensi wartawan,” tandasnya.

Pihaknya juga berharap, wartawan perlu sekali memahami dan menaati rambu-rambu kode etik. Karena, telah dinyatakan kompeten bukan berarti wartawan itu hebat. Uji kompetensi hanya bukti sebagai wartawan yang profesional. (say/jefry)